Ornamen Header
Evaluasi PPDB, LBP2 Jabar: Peserta Didik Lebih Mudah Mengakses Sistem Pendaftaran
Evaluasi PPDB, LBP2 Jabar: Peserta Didik Lebih Mudah Mengakses Sistem Pendaftaran
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Foto/Dok/SINDOnews
BANDUNG - Lembaga Bantuan Pemantau Pendidikan (LBP2) Jawa Barat menyoroti pelaksanaan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK dan sederajat di Provinsi Jabar.

Ketua LBP2 Jabar, Asep B Kurnia menuturkan, pihaknya selalu memberikan catatan dalam pelaksanaan PPDB di Jabar setiap tahunnya. Berdasarkan evaluasi pihaknya, Asep menyatakan, pelaksanaan PPDB 2021 Jabar lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Survey P2G:43,9% Orang Tua Setuju PTM Dilakukan Juli

"Secara umum, PPDB untuk SMA, SMK, dan SLB di 2021 ini, khususnya di Provinsi Jabar saya rasa sudah berjalan khususnya provinsi Jawa barat saya rasa sudah berjalan cukup baik," ungkap Asep, Selasa (13/7/2021).



Menurut Asep, perbaikan pelaksanaan PPDB 2021 di Jabar ditandai dengan semakin mudahnya calon peserta didik baru dalam mengakses sistem pendaftaran, termasuk pengecekan hasil PPDB secara daring.

"Dimana hal tersebut sempat menjadi catatan pada pelaksanaan PPDB sebelum-sebelumnya di Jabar. Saya menggarisbawahi, terutama di tahun kemarin, untuk daerah Bodebek itu terjadi sangat kacau, tapi sekarang sudah ada perbaikan," jelasnya.

Baca juga: Simak Lagi Kebijakan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru di Masa Pandemi

Meski begitu, Asep tak menampik bahwa masih ada pihak-pihak yang kecewa dalam pelaksanaan PPDB 2021 Jabar. Menurutnya, dalam setiap aturan seleksi apapun, pastilah ada pihak yang merasa kecewa dan tidak. Bagi pihak yang kecewa, kata Asep, akan merasa bahwa sistem yang diterapkan tidak adil.

"Namun, kita harus jujur bahwa sistem yang dibuat Disdik (Disdik) Jabar dalam PPDB 2021 memang sudah jauh lebih baik," ujarnya.
halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!