Di Tengah Pandemi, Guru-guru Ini Berkreasi Menolak Menyerah pada Keadaan

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 17:37 WIB
loading...
A A A
“Kalaupun punya HP, banyak juga dari mereka tidak memiliki paket data, “ tuturnya.
Namun ia tidak menyerah pada keadaan. Dengan semangat untuk tetap mengobarkan semangat belajar anak didiknya, ia mendatangi satu persatu rumah anak didiknya.

Di Tengah Pandemi, Guru-guru Ini Berkreasi Menolak Menyerah pada Keadaan


“ Agar mereka tidak ketinggalan satu sama yang lainnya, saya datangi rumah mereka satu persatu. Saya berikan tugas, lalu dikumpulkan, “ katanya.

Keterbatasan sarana juga tidak mampu meruntuhkan semangat mendidik Melina Muhajah, Guru SDIT Rahmaniyah Depok. Ia mencari formula sendiri agar system belajar mengajar dan mendidik siswa siswinya.

“Tantangannya adalah bagaimana kita mencari solusi dalam keterbatasan karena waktu pembelajaran berkurang, sementara kita harus mengejar target kurikulum Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Selain itu, kita harus mencari pola komunikasi yang tepat dengan orangtua sebagai mitra di rumah dalam memantau belajar siswa,” tutur Melina Muhajah, Guru SDIT Rahmaniyah Depok.

PJJ memang tidak akan mampu menggantikan sistem belajar secara tatap muka. Sentuhan emosi dan kasih sayang guru tak tersampaikan lewat gawai. Selain dari sisi guru, banyak siswa yang mengeluh, karena belajar seperti ini tak efektif. Mereka harus menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyimak materi di layar monitor, belum lagi akses keterbatasan internet yang mengahambat dalam belajar, terutama di daerah-daerah.

Oniwati, Guru SDN 2 Lebakparahiang, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, merasakan sulitnya mengakses internet. “Karena di kampung jadi kami terhalang oleh signal, belum lagi keluhan orangtua tentang harga kuota yang mahal,” tuturnya.

Selain itu, lanjut guru yang mengajar di kelas lima SD ini, tidak semua orangtua siswa di sekolah tempatnya mengajar, mampu membeli gadget seperti hp, apalagi personal komputer dan laptop seperti di kota-kota besar.

“Kalau yang punya handphone tugas untuk siswa dikirim ke WA group, kalau yang tidak punya handphone, seminggu dua kali saya keliling rumah siswa untuk belajar tatap muka di rumah,” tutur wanita berkerudung ini. Memang di saat pandemi yang penuh keterbatasan ini, guru seperti dirinya dipacu untuk melakukan berbagai cara agar proses KBM dapat berjalan.

Para guru juga dituntut untuk beradaptasi dengan teknis pembelajaran dengan metode E-learning memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sesuai perkembangan zaman. Inilah yang membuat guru menciptakan inovasi dalam memberikan materi belajar mulai dari, mengajak menggambar bersama, membuat video, membuat film, mendongeng, dan mengugahnya di sosial media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)