Selamat! 338 Tim Melaju ke Tahap Final Kihajar STEM 2021

Kamis, 16 September 2021 - 21:28 WIB
loading...
A A A
Sedangkan untuk pembuatan video tema pada 15 s.d. 29 Agustus 2021 lalu, telah berhasil merampungkan video dengan total keseluruhan sebanyak 338 video. Dengan rincian, 82 video jenjang SD, 97 video jenjang SMP, 97 video jenjang SMK, dan 62 video jenjang SMK.

Selanjutnya, presentasi dilaksanakan pada 13 s.d. 17 September 2021 dengan rincian sebagai berikut. 82 peserta jenjang SD, 97 peserta jenjang SMP, 97 peserta jenjang SMA, 62 peserta jenjang SMK. Totalnya ada 338 peserta yang akan melakukan presentasi.

Pelaksanaan setiap tahapan dalam Kihajar STEM 2021 dirancang untuk mendapatkan gen Kihajar terbaik. Gen Kihajar adalah representasi dari wujud profil pelajar Pancasila yang dalam proses pembelajarannya sesuai dengan program Merdeka Belajar. Program Merdeka Belajar sendiri diusung oleh Kemendikbudristek untuk menjawab segala tantangan di masa depan.

Adapun teknis pelaksanaan tahap akhir dimulai dengan presentasi proses EDP dalam pembuatan video tema dan rencana aksi dari setiap tim yang didampingi guru pendamping di hadapan dewan juri. Seluruh proses tahapan presentasi ini dilakukan secara daring dan menerapkan protokol kesehatan.

Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menjadi lembaga yang ikut berpartisipasi terselenggaranya acara tahunan ini di bawah asuhan R. Ridwan Hasan Saputra. Komponen soal-soal yang disajikan tim pembuat soal mengacu pada pemecahan masalah, keterkaitan dengan asesmen minimum sekolah, standar silabus sekolah.

Kombinasi lebih dari satu subjek STEAM dan fokus pada hal-hal yang terjadi di kehidupan ini, ujungnya diharapkan mampu membuat karya inovasi dan kreatif yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Tim yang mendapatkan nilai tertinggi akan terpilih menjadi pemenang pada pelaksanaan Kihajar STEM 2021 dan akan ditetapkan menjadi Gen Kihajar melalui surat keputusan yang ditandatangani Kepala Pusdatin Kemdikbudristek.

Setiap pemenang dalam perhelatan ini akan mendapatkan tabungan pendidikan. Seluruh peserta tidak dipungut biaya apapun dalam setiap tahapan pelaksanaan Kihajar STEM tahun 2021.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)