Cara Membangun Support System yang Baik Agar Belajar Makin Efektif

Selasa, 28 September 2021 - 08:48 WIB
loading...
A A A
Cara Membangun Support System yang Baik
Itulah beberapa manfaat support system yang bisa kamu dapatkan. Setelah mengetahui manfaatnya, berikut adalah cara untuk membangun support system yang bisa kamu lakukan:

Jangan Berekspektasi Berlebihan
Hal pertama yang harus kamu terapkan ketika membangun support system adalah, jangan terlalu berharap atau berekspektasi berlebihan. Walaupun kamu sudah memiliki fasilitas, lingkungan dan keluarga yang mendukung, kamu tidak bisa bergantung seratus persen kepada mereka. Ekspektasi berlebihan hanya akan membuat kamu kecewa ketika gagal mewujudkan impianmu. Kamu juga cenderung menyalahkan support system yang telah dibangun atas kegagalanmu.

Hindari Sifat Egois
Ingat, support system dibangun untuk membantu proses belajarmu menjadi lebih efektif. Kehadiran orang-orang terdekat yang mendukungmu, harus didasari rasa ikhlas dan hubungan dua arah. Jangan hanya mengharapkan bantuan dari mereka ketika kamu terkena masalah. Kamu juga harus menunjukkan rasa peduli kepada mereka. Jika kamu mendapatkan saran atau komentar yang sedikit tidak nyaman, kamu harus menghargai dan menerimanya sebagai bahan evaluasi.

Percaya Pada Kemampuan Diri
Yang terakhir, sebelum mendapatkan dukungan dari support system belajar, kamu harus percaya pada kemampuan diri sendiri. Ingat, kamu adalah bagian terpenting dari support system yang kamu bangun, jadi meski kamu akan mendapatkan bantuan dan semangat dari mereka, kamu juga harus percaya pada dirimu sendiri.

Karena, ada beberapa kondisi yang mungkin tidak bisa teratasi dengan support system. Misalnya ketika kamu mulai jenuh belajar, atau merasa tidak mampu menyelesaikan sejumlah tugas tertentu. Kamu harus percaya bahwa kamu bisa mengatasinya dengan kemampuan yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membangun support system belajar yang baik. Semoga dapat menjadi referensi dalam merancang cara belajar yang efektif. Selamat mencoba!
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1880 seconds (0.1#10.140)