10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Di Indonesia ada beberapa kampus yang bisa dipilih seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Nah, setelah lulus dari jurusan ini, selain menjadi seorang Arsitektur, juga bisa bekerja sebagai Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, bahkan Quantity Surveyor.

2. Jurusan Teknik Mesin
Bagi siswa SMK yang sudah nggak asing lagi dengan bidang permesinan, pastinya akan lebih mudah mempelajari setiap mata kuliah di jurusan ini. Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Karena hampir semua hal saat ini berhubungan dengan mesin, sebagai lulusan jurusan ini, nantinya juga akan bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika
Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya didapat di SMK, bisa dikembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini bisa ditemui di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

Tak hanya prospek kerja yang menjanjikan di kalangan e-commerce, ternyata lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi dan perbankan.

4. Jurusan Farmasi
Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, mahasiswanya juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat.

Saat kuliah di Jurusan Farmasi tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7414 seconds (0.1#10.140)