10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Berbagai keterampilan tersebut bisa menjadi dasar untuk melanjutkan kuliah di jurusan terkait, misalnya Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Menariknya, di jurusan ini juga akan diajari mengenai cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi untuk fashion, hingga menggambar model. Sebagai mahasiswa Jurusan Pariwisata, biasanya di akhir semester perkuliahan, mahasiswanya akan diberikan tugas untuk mengadakan suatu event fashion show dengan menampilkan baju rancanganmu sendiri.

Lulusan jurusan ini bisa berkarier di dunia fashion sebagai Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Ada banyak perusahaan dan industri fashion yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini, seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, Stradivarius, dan masih banyak lagi.

9. Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)
Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan S1 bagi lulusan SMK dengan bidang keahlian desain grafis. Pada jurusan ini, akan dipelajari tentang teknik menyampaikan media dengan memanfaatkan elemen visual.

Terdapat tiga peminatan yang bisa dipilih disesuaikan dengan kemampuan, yaitu Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia.

Di Indonesia ada beberapa kampus yang memiliki Jurusan DKV, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Malang (UM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Institut Seni Indonesia (ISI).

Lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds). Gelar tersebut bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan di berbagai bidang sebagai seorang Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, dan Web Designer.

10. Jurusan Film dan Televisi
Salah satu jurusan kuliah yang bisa dipilih setelah lulus dari SMK dengan Program Keahlian Multimedia adalah Jurusan Film dan Televisi. Selain belajar tentang teknis pembuatan film dan siaran program televisi yang sudah diperoleh di SMK, kamu juga akan dibekali dengan berbagai keahlian seperti manajemen produksi televisi, penulisan naskah, pengarahan acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik.

Karir yang bisa dicoba seperti di bidang broadcast dan industri perfilman sebagai Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi.

Demikian 10 jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan bagi lulusan SMK yang masih bingung mau masuk jurusan apa. Akan lebih baik lagi jika jurusan yang dipilih disesuaikan dengan kemampuan dan bidang yang disukai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)