10 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Siswa Lulusan SMK, Sangat Menjanjikan

Senin, 25 Oktober 2021 - 22:49 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

5. Jurusan Akuntansi
Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa dipilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini ilmu yang akan dipelajari yakni mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya.

Basic ilmu akuntansi yang telah dipelajari di SMK bisa diperdalam lagi di jurusan ini. Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi akan mendapat gelar Sarjana Ekonomi (S. E).

Gelar ini bisa dipakai sebagai permulaan karir sebagai Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Jurusan akuntansi ini bisa diakses di Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran
Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran bisa menjadi pilihan.

Ilmu yang akan dipelajari tentang pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, hingga penyediaan segala administrasi perkantoran.

Lulusannya bisa menjadi seorang Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, maupun Staf Legal di suatu perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan.

7. Jurusan Pariwisata
Jurusan ini akan memperdalam mengenai bidang pariwisata meliputi manajemen destinasi wisata, manajemen tour dan travel, hingga perhotelan. Salah satu keterampilan yang harus dipunya saat kuliah di jurusan ini adalah komunikasi yang baik. Keterampilan ini penting karena nantinya akan mempertemukanmu dengan banyak wisatawan dari berbagai negara.

Prospek kerja lulusan Pariwisata sangatlah luas. Mulai dari Pemandu Wisata, Pengusaha Perjalanan Wisata, Manajer Tempat Wisata, dan Concierge Hotel.

8. Jurusan Tata Busana
Selain keterampilan menjahit, sebagai lulusan SMK Program Keahlian Tata Busana, juga akan dibekali dengan keterampilan lain seperti mendesain baju, membuat pola, mengenal jenis bahan, hingga membuat project tentang fashion.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)