Wujudkan Mimpi yang Tertunda, Wisudawan Unpad Ini Berhasil Raih Doktor di Usia 73 Tahun

Jum'at, 05 November 2021 - 16:13 WIB
loading...
A A A
“Sempat kena Covid dan penulisan disertasi terhenti. Namun, Alhamdulillah, akhirnya bisa selesai juga,” ungkapnya.

Imam pun mengingatkan kepada para juniornya untuk jangan putus asa, sehebat apa pun kendalanya. “Jangan putus asa menggapai ilmu. Buktinya saya bisa lulus meski di usia tua,” ujarnya.

Sedari muda, Imam Suhardjo merupakan sosok yang tidak pernah mau diam. Mulai dari mengajar, menjadi redaktur pelaksana di sebuah penerbitan, aktif di partai politik, hingga menjadi anggota legislatif di DPR.

Saat menjadi mahasiswa Doktor Ilmu Komunikasi Unpad pun, Imam masih menjabat sebagai Ketua Komisi I Bidang Penyensoran, Dialog, Komunikasi, dan Data Lembaga Sensor Film.

“Ketika 2020 saya pensiun, barulah bisa menyelesaikan S-3 saya,” kata Imam.

Ketika selesai meraih gelar Doktor, ia pun masih memiliki keinginan untuk mengabdi sebagai dosen. Namun, kendala usia menyebabkan keinginannya untuk menjadi dosen sulit terpenuhi.

Padahal, sebelum menjadi anggota legislatif, Imam tercatat sebagai dosen di beberapa perguruan tinggi di Jakarta.

“Sebagai pengajar, saya terhenti saat saya masuk ke DPR. Sekarang ketika sudah tidak jadi anggota, saya sulit menjadi dosen lagi karena terkendala usia,” ujarnya.

Politik menjadi salah satu aktivitas yang disukainya. Hal ini pula yang mendorong Imam untuk mengambil studi komunikasi pada jenjang Magister maupun Doktor. Pada program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad, Imam pun mengambil spesifikasi pada komunikasi politik.

Menurutnya,komunikasi merupakan ilmu yang penting dipelajari, khususnya oleh para politikus. Banyak kekeliruan yang terjadi oleh pemerintah, salah satunya disebabkan oleh ketidakmampuan pemimpin negara melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, utamanya kepada rakyat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2432 seconds (0.1#10.140)