7 Jurusan yang Dipandang Sebelah Mata Tapi Punya Prospek Kerja Luas

Selasa, 23 November 2021 - 15:29 WIB
7 Jurusan yang Dipandang Sebelah Mata Tapi Punya Prospek Kerja Luas
Jurusan yang awalnya diremehkan atau dipandang sebelah mata namun nyatanya memiliki prospek kerja yang luas bagi para lulusannya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berbicara jurusan di kampus mayoritas merujuk ke jurusan kedokteran, ekonomi maupun hukum yang menjadi favorit pilihan mahasiswa baru. Padahal ada jurusan yang awalnya diremehkan atau dipandang sebelah mata namun nyatanya memiliki prospek kerja yang luas bagi para lulusannya di berbagai bidang yang dibutuhkan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Cyber Security dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Melansir laman dari campuspedia.id, Selasa (23/11/2021), berikut ini ulasan 7 jurusan yang sering disepelekan dan dipandang sebelah mata justru ternyata mempunyai prospek kerja yang cerah di kemudian hari.

1. Ilmu Perpustakaan/Kearsipan
Banyak yang mengira lulusan ini hanya akan bisa melamar kerja di perpustakaan saja. Padahal jika sudah terjun ke jurusan ini, mahasiswanya tidak akan berkutat dengan perpustakaan dan buku-bukunya saja namun juga akan mempelajari tentang manajemen kearsipan.



Pengetahuan tentang manajemen kearsipan inilah yang banyak dibutuhkan perusahaan sehingga dokumen perusahaan yang penting dapat tertata dan tersimpan rapi.

Baca juga: Kemendikbudristek Buka Program D2 Jalur Cepat Tahun Depan, Cek Infonya

2. Sastra China dan Bahasa Lainnya
Jika saat ini ada yang berpendapat masuk sastra tidak dapat menjamin masa depan, anggapan itu salah besar.

Sebagai contoh Sastra China, kini perkembangan negara China khususnya di sektor ekonomi pesat. Apalagi, banyak dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memasok raw material mereka dari negara tirai bambu tersebut. Jadi, dibutuhkan ahli bahasa mandarin guna melancarkan proses kerja sama mereka.

Tidak hanya Sastra China, namun lulusan sastra bahasa lain pun juga punya prospek yang cerah. Mereka bisa menjadi translator, editor, hingga dosen. Bahkan sastra Indonesia juga sekarang banyak dicari di beberapa negara di luar, karena semakin banyak peminat Bahasa Indonesia.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1443 seconds (11.97#12.26)