Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:09 WIB
loading...
A A A
Jadi intinya mahasiswa akan mempelajari segala hal yang terkait dengan pesawat terbang, mobil, motor, sepeda, robot, bahkan kapal laut. Dan selain itu, juga akan belajar mengenai konversi energi misalnya seperti motor bakar, sistem termal dan akan diminta untuk menggambar teknik bahkan pembuatan prototype mesin tersebut.

8. Jurusan Ilmu Kehutanan
Jurusan yang satu ini mungkin terdengar asing tapi sebenarnya banyak peminatnya. Sebagai mahasiswa Ilmu Kehutanan, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, ilmu tanah, sampai manajemen hasil hutan itu sendiri. Bahkan, Ilmu Kehutanan juga berkaitan erat dengan pelestarian hutan, rehabilitasi hutan, serta perlindungan hutan. Tuh, apalagi di Indonesia nih yang pelestarian hutannya sangat diperhatikan.

Selain itu, sebagai mahasiswa lulusan Ilmu Kehutanan, kamu bisa bekerja sebagai spesialis konservasi alam, konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan, ataupun pengawas hutan.

9. Jurusan Ilmu Astronomi
Jurusan kuliah anak IPA yang selanjutnya adalah jurusan Ilmu Astronomi, yang dimana akan mempelajari tentang berbagai benda atau objek di langit serta sifat fisik mengenai alam semesta dan isinya.

Meskipun prospek karirnya jarang terdengar, tapi kamu bisa bekerja sebagai Astronom, peneliti atmosfer dan luar angkasa, Ilmu Bumi, Ilmu kelautan, dan masih banyak lagi.

10. Jurusan Biokimia
Jurusan kuliah anak IPA yang terakhir adalah jurusan Biokimia. Di mana jurusan Biokimia merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan bagaimana proses tersebut sedang berlangsung di makhluk hidup.

Jadi, kamu sebagai mahasiswa jurusan Ilmu Biokimia akan mempelajari tentang berbagai proses yang ada di reaksi kimia. Jurusan ini cocok buat kamu yang suka pelajaran biologi dan kimia. Prospek kariernya pun terjamin juga, kamu bisa menjadi peneliti bioinformatika, ahli biologi molekul, ahli biokimia, dan ahli biofisika.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)