Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

Jum'at, 31 Desember 2021 - 14:09 WIB
loading...
A A A
3. Jurusan Ilmu Gizi
Jurusan kuliah anak IPA yang ketiga ini adalah jurusan Ilmu Gizi, Ilmu Gizi juga merupakan salah satu jurusan kuliah anak IPA yang terkenal banget. Buat kamu yang mungkin memang suka banget dengan pelajaran kimia atau biologi, Ilmu Gizi bisa dibilang cocok buat kamu.

Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta kualitas tubuh manusia. Tidak hanya itu, Ilmu Gizi juga mempelajari soal ekonomi, sosial, hingga soal budaya.

Kalau kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi atau hal-hal yang memang berhubungan dengan produksi makanan.

4. Jurusan Teknologi Pangan
Jurusan kuliah anak IPA selanjutnya juga merupakan jurusan yang cukup terkenal banget nih guys yaitu jurusan Teknologi Pangan. Teknologi Pangan merupakan jurusan yang mempelajari tentang produksi makanan dan harus memastikan bahwa makanan yang diproduksi itu aman untuk dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan gizi yang sesuai.

Di jurusan ini akan mempelajari tentang bagaimana efek sosial dan makanan yang dikonsumsi termasuk bagaimana makanan tersebut bisa mempengaruhi budaya kita.

Kebanyakan mahasiswa lulusan dari jurusan Teknologi Pangan akan berkarir di bidang Quality Control/Pengendalian Mutu, konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk, dan lain-lainnya.

5. Jurusan Farmasi
Jurusan kuliah anak IPA yang lain adalah jurusan Farmasi, di mana Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan sekali dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa yang belajar di jurusan Farmasi pasti akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat dan bagaimana cara mengolahnya untuk bisa menjadi bahan yang aman untuk dikonsumsi.

Mahasiswa lulusan Farmasi diharapkan bisa menjadi ahli dalam membuat, meracik, mengidentifikasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang bisa memenuhi standar kualitas. Biasanya prospek kerja lulusan Farmasi ini akan menjadi seorang apoteker, spesialis kimia, dan lain sebagainya.

6. Jurusan Teknik Industri
Jurusan kuliah anak IPA yang keenam ini adalah Teknik Industri. Jurusan Teknik Industri ini bisa menjadi pilihan utama untuk memulai karier di dunia perkuliahan. Jurusan teknik Industri ini sangat pas bagi yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri akan belajar mengenai hal-hal tentang perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem.

7. Teknik Mesin
Jurusan kuliah anak IPA yang cocok buat kamu selanjutnya adalah jurusan Teknik Mesin. Jurusan Teknik Mesin mempunyai cakupan ilmu yang luas. Sebagai mahasiswa, kamu akan mendalami dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)