Begini Kiat Jika Jurusan yang Diinginkan Berbeda dengan Pilihan Orang Tua

Jum'at, 07 Januari 2022 - 22:13 WIB
loading...
Begini Kiat Jika Jurusan yang Diinginkan Berbeda dengan Pilihan Orang Tua
Ada kalanya mahasiswa bingung untuk memilih jurusan karena jurusan yang diinginkan beda haluan dengan keinginan orang tua. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada kalanya mahasiswa akan dibikin bingung untuk memilih jurusan. Terlebih jika jurusan yang diinginkan beda haluan dengan keinginan orang tua sendiri.

Anak pun akan menjadi serba salah karena salah satu kunci keberhasilan dalam menapaki hidup ialah adanya restu orang tua . Dilansir dari survei yang dilakukan Morning Consult untuk New York Times, 14% orang tua memilihkan pekerjaan yang cocok untuk anak mereka.



Sedangkan 22% lainnya membantu anak mereka dalam mengerjakan tugas perkuliahan. Hal ini membuktikan sebagian orang tua berperan dalam pembentukan karier sang anak.

Berbeda pandangan dengan orang tua itu memang wajar. Maka jika memang ada beda pandangan dalam memilih jurusan sebaiknya dilalui dengan diskusi dan jangan terbawa emosi.

Melansir laman ruangguru.com, simak tips berikut ini untuk berdiskusi tentang jurusan bersama orang tua. Sebelum berdiskusi, pikirkan matang-matang jurusan yang akan dipilih. Jangan sampai menyesal dan berhenti kuliah ditengah jalan.



1. Tunjukan Rasa Antusias
Jika orang tua beranggapan kuliah Seni bukanlah pilihan yang tepat untuk jalan hidup,maka tunjukkanlah kepada mereka bakat dan skill yang sudah dipelajari selama ini. Bantu mereka dalam memahami apa yang kamu sukai, seperti: menggambar atau bermain alat musik.

Jika mereka tidak setuju dengan pilihanmu untuk masuk Jurusan Psikologi, jelaskan kepada mereka bahwa tujuanmu tidak hanya berkuliah, tetapi membantu sesama. Dengan begitu, orang tua bisa mengerti alasan mengapa memilih jurusan tersebut.

2. Buktikan dengan Prestasi
Action speak louder than words. Tidak cukup dengan kata-kata, kamu bisa mendapatkan restu orang tua melalui prestasi yang sudah didapat selama di bangku sekolah. Misalnya dengan mengikuti kejuaraan olahraga, lomba debat, menulis cerpen, dan lain-lain. Beritahu orang tua, prestasi yang telah diraih di sekolah bisa semakin berkembang karena bisa masuk ke komunitas yang memiliki tujuan sama dengan jurusan kuliah yang dipilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3003 seconds (0.1#10.140)