10 Jurusan Kuliah yang Cocok bagi Siswa Lulusan SMK

Kamis, 13 Januari 2022 - 15:49 WIB
loading...
A A A
Selain belajar mengenai cara pemeliharaan mesin, perancangan mesin, dan teknik produksi mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di banyak perusahaan seperti di industri otomotif, industri dirgantara, industri manufaktur, bahkan industri minyak dan gas.

3. Jurusan Teknik Informatika
Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi salah satu bidang favorit di kalangan siswa SMK. Bidang ini memiliki beberapa program keahlian, seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Telekomunikasi.

Beberapa ilmu mengenai software dan computer science yang sebelumnya kamu dapat di SMK, bisa kamu kembangkan lagi lebih dalam di jurusan ini. Karena selama kuliah di Jurusan Teknik Informatika kamu akan belajar secara rinci mengenai proses pembuatan software, cara kerja software, hingga pengembangan software tersebut.

Di Indonesia sendiri, kamu bisa menemui jurusan ini di beberapa universitas negeri seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Institut Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Padjadjaran (UNPAD

4. Jurusan Farmasi
Sebagai lulusan SMK dengan Program Keahlian Farmasi, jika ingin melanjutkan kuliah bisa memilih Jurusan Farmasi untuk lebih memperdalam bidang tersebut. Di jurusan ini, selain akan belajar mencampur, meracik, dan membuat obat, juga akan dibekali tentang cara memanajemen dan memasarkan obat, lho. Saat kuliah di Jurusan Farmasi tidak hanya dihadapkan oleh teori di kelas saja, tetapi juga akan terlibat dalam berbagai praktikum.

Tidak hanya bekerja di apotek, sebagai lulusan dari jurusan ini juga bisa bekerja di bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan.

5. Jurusan Akuntansi
Salah satu jurusan yang ramai peminat dan bisa kamu dipilih sebagai lulusan SMK Program Keahlian Akuntansi adalah Jurusan Akuntansi. Secara umum, di jurusan ini akan belajar mengenai debit-kredit, pembukuan, hingga pasar modal dan efeknya. Dasar ilmu akuntansi yang dipelajari di SMK bisa diperdalam lagi di jurusan ini.

Dengan gelar Sarjana Ekonomi yang didapat, lulusannya bisa memulai karier sebagai seorang Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, maupun Banker. Ada beberapa kampus yang mempunya Jurusan Akuntansi seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

6. Jurusan Administrasi Perkantoran
Sebagai lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), bisa melanjutkan kuliah S1 pada bidang yang sama yaitu di Jurusan Administrasi Perkantoran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)