Kisah 3 Ikatan Alumni Kampus Negeri Favorit di Indonesia

Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:27 WIB
loading...
A A A
Pada peringatan Dies Natalis ketujuh UGM 19 Desember 1956, Rektor UGM Prof. Dr. Sardjito mengemukakan gagasan dibentuknya organisasi persatuan para alumnus UGM. Ini dilatarbelakangi harapan akan adanya masukan dan saran dari semua alumni untuk perbaikan kurikuler.

Melansir laman kagama.co, pada 1957 mulai terselenggara berbagai pertemuan para alumni dari berbagai fakultas. Selanjutnya, dalam peringatan Dies Natalis UGM pada Desember 1958, Ir. Soewarno didesak Panitia Dies Natalis Dewan Mahasiswa UGM untuk mengambil inisiatif pertama menyelenggarakan musyawarah pembentukan organisasi persatuan alumni.

Dengan bantuan panitia dies itu, pada 18 Desember 1958 di Yogyakarta berhasil diselenggarakan musyawarah para alumni UGM pertama dan dihadiri alumni dari berbagai kota. Dari musyawarah ini lahirlah organisasi Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada yang disingkat KAGAMA dengan Ketua Prof Ir Herman Johannes.

Kini Pengurus Pusat KAGAMA periode 2019-2024 dipimpin oleh Ketua Umum Ganjar Pranowo (FH 1987) dan yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum I adalah Budi Karya Sumadi (FT 1981).

3. Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB)

Pada pertemuan alumni ITB yang pertama di Bandung, pada 1-3 Maret 1969, disepakati pembentukan organisasi yang menghimpun para alumni ITB. Pembentukan organisasi ini untuk membantu tercapainya tujuan almameter sebagai pelopor kemajuan dan kebudayaan serta membentuk sarjana yang bertanggung jawab akan kesejahteraan masyarakat. Baca juga: LTMPT Buat Terobosan untuk Mudahkan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru

Selain itu, dinukil dari laman iaitb.or.id, IA-ITB juga membawa misi ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian guna membangun masyarakat Indonesia yang modern dan memperat hubungan alumni dengan almamaternya dan antar alumni demi membantu kepentingan anggotanya sesuai bidang profesi masing-masing.

Kongres pertama IA-ITB diadakan pada 26 Maret 1976 dan kongres itu memilih Ir Kuntoadji sebagai ketua umumnya. Suksesi kepemimpinan IA-ITB berlangsung secara berkala sejak 1976. Pada 2021, Gembong Primadjaja terpilih sebagai Ketua IA-ITB periode 2021-2025.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)