Empat Jurusan Kuliah yang Hanya Ada di Indonesia

Senin, 21 Februari 2022 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Orang yang kuliah di jurusan ini tak hanya akan mempelajari tentang batik dan terampil dalam membatik, namun juga dapat mengembangkan teknologi batik dan menciptakan usaha batik secara mandiri. Selain itu, di jurusan ini Anda juga akan mempelajari tentang teknik pembatikan, termasuk pula sejarah hingga filosofi batik.

Anda dapat menemukan jurusan ini di sejumlah universitas seperti jurusan teknologi batik di Universitas Pekalongan memiliki akreditasi B. Selain itu, teknologi batik di Institut Seni Indonesia Yogyakarta juga memiliki akreditasi B. Sementara itu, Teknik Batik di Politeknik Pusmanu, Pekalongan, memiliki akreditasi C.

3. Seni Karawitan

Jurusan yang hanya ada di Indonesia selanjutnya yakni jurusan Seni Karawitan. Jika anda berkuliah di jurusan ini maka Anda akan mendalami tentang seni musik dari berbagai daerah. Materi pembelajarannya yakni meliputi teknik fokal seperti menyinden. Selain itu mahasiswa jurusan seni Karawitan juga akan mempelajari bagaimana cara memainkan alat musik tradisional seperti Gamelan, Kecapi, suling, gendang dan lain-lain.

Anda dapat menemukan jurusan Seni Karawitan dengan akreditasi A di Institut Seni Indonesia Denpasar dan Institut Seni Indonesia Surakarta. Jurusan ini memiliki akreditasi B di Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta, Surabaya, ISI Yogyakarta, dan ISI Padang Panjang. Sementara itu, akreditasi C berada di Universitas Hindu Indonesia, Denpasar.

4. Seni Pedalangan

Jurusan Seni Pedalangan adalah jurusan yang mendalami tentang seni pertunjukan wayang tradisional. Jika anda berkuliah di jurusan ini maka anda akan mendalami konsep dalam pementasan wayang tradisional. Tak hanya itu, Anda juga belajar memerankan dalang serta membuat alur cerita pementasan wayang, filosofi dalang hingga pengetahuan sejarah pedalangan di Indonesia. Para alumni pun nantinya bisa berprofesi sebagai peneliti, pengamat seni dan penulis naskah.

Jurusan Seni Pedalangan dengan akreditasi A berada di Institut Seni Indonesia Surakarta dan Institut Seni Indonesia Denpasar. ISI Yogyakarta dengan akreditasi B. Selain itu, Akademi Seni Mangkunegaran Surakarta juga memiliki Jurusan Seni Pedalangan pada jenjang D3 dengan akreditasi C.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)