Kiat Menulis dari Mahasiswi Unesa dengan Sederet Prestasi dan Terbitkan Buku Sendiri

Jum'at, 04 Maret 2022 - 12:23 WIB
loading...
A A A
“Saya ibaratkan puisi berisi tentang hitam dan putih karena terkadang antara perasaan dan kenyataan kadang tidak sesuai, sehingga sebagian besar orang selalu merasakan gejolak antara rasa dan logika, saya berusaha mengungkapkan gejolak itu,” katanya.

Dalam menulis dan mengembangkan potensinya, Dian tentu menghadapi beberapa tantangan, salah satunya ketika menghadirkan unsur rasa dalam tulisan. Biasanya itu terjadi ketika penulis terjebak atau dikejar oleh deadline. Untuk mengatasinya, ia biasanya meminta pendapat orang terdekat.

Baca juga: Aplikasi SR-Farmer Mahasiswa ITS untuk Bantu Petani Raih Emas di AISEEF

Dian pun membagikan empat kiat menulis.

1. Menulis tentang apapun, di mana pun dan kapan pun.
2. Belajar untuk menjadi sensitif dan selalu membuka mata terhadap kondisi sekitar
3. Jadikan pengalaman diri sendiri maupun orang lain atau lingkungan sekitar sebagai bahan ide menulis
4. Membaca, membaca dan terus membaca.

Di sela-sela kesibukan kuliah, Dian ternyata punya target. Ia ingin menyelesaikan buku keduanya untuk diterbitkan. “Semoga dalam waktu dekat ini bisa lolos seleksi penerbit besar. Mohon doanya,” harapnya.

Dian juga punya cita-cita untuk membangun perpustakaaan di berbagai daerah. Ia berharap semoga semakin banyak generasi penerus yang ikut meramaikan, mengembangkan dan memajukan dunia literasi Indonesia karena yang terpenting adalah jangan takut memulai dan mencoba sesuatu karena gagal adalah proses untuk tumbuh.
(nz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)