Tips Membuat Desain Keren Ala Mahasiswa IPB University

Sabtu, 05 Maret 2022 - 16:37 WIB
loading...
Tips Membuat Desain Keren Ala Mahasiswa IPB University
Digital Design Workshop IPB University. Foto/Tangkap layar laman IPB University
A A A
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Akuakultur Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University menggelar Digital Design Workshop secara daring yang merupakan rangkaian AQUABOOST 2022. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan potensi mahasiswa dan masyarakat umum mengenai dunia desain.

Digital Design Workshop mengundang narasumber Muhammad Restya Fathin yang merupakan mahasiswa IPB University dari Fakultas Teknologi Pertanian. Mahasiswa IPB University tersebut berkesempatan mengikuti program magang di bagian Production Division, Universe Internship.

Workshop Digital Design dilakukan secara ber-series, Workshop 1 mengangkat tema “Upgrade Your Poster for Creativity with Adobe Illustrator” dan Workshop 2 bertemakan “Create Your Perfect Poster Without Limitation With Adobe Illustrator”.

Pada Workshop 1, narasumber memaparkan materi mengenai pentingnya kreativitas dalam membuat poster. Tidak hanya itu, ia juga menjelaskan prinsip yang perlu diperhatikan dalam membuat desain, serta jenis dan fungsi tools yang ada di aplikasi Adobe Illustrator.

Baca: Ada Kendala Saat Daftar KIP Kuliah? Ini yang Harus Dilakukan

Sementara, Workshop 2 dilakukan dengan metode ‘learning by doing.’ Dalam sesi ini, narasumber mempraktekkan bagaimana cara membuat poster infografis dengan menggunakan Adobe Illustrator.

Fathin menjelaskan, hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan poster infografis adalah tampilan layout, pemilihan warna, dan pemilihan font yang menarik agar tidak terkesan monoton. Ia juga menyampaikan terkait tips dan trik mengenai pembuatan desain poster.

Baca juga: Dear Calon Mahasiswa, Passing Grade Bukan Jadi Prediksi Peluang Diterima di Unpad

“Kita harus paham dengan konteks yang ingin kita sampaikan dalam poster, banyak mencari referensi di berbagai internet untuk membantu menentukan konsep dan ide, lalu merumuskan konsep dan sketsa agar lebih terstruktur, serta mengeksekusi hasil dari sketsa yang sudah dibuat untuk mengetahui trial and error,” kata Fathin.

Mahasiswa IPB University itu juga menjelaskan, untuk membantu mengembangkan kemampuan skill desain, harus berani mengambil peran untuk ikut kepanitiaan maupun organisasi di bidang kreatif, recreate hasil karya orang lain, dan mengambil project.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1219 seconds (0.1#10.140)