23.312 Siswa Mendaftar ke Universitas Jember Jalur SNMPTN 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 - 09:03 WIB
loading...
23.312 Siswa Mendaftar ke Universitas Jember Jalur SNMPTN 2022
Universitas Jember. Foto/Tangkap layar laman Universitas Jember.
A A A
JAKARTA - Siswa yang memilih Universitas Jember di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 meningkat. Tahun ini tercatat 23.312 siswa memilih mendaftarkan diri ke Universitas Jember di berbagai program studi.

Jumlah ini terdiri dari 11.363 siswa memilih Universitas Jember sebagai pilihan pertama, dan 11.949 siswa menjadikan Universitas Jember sebagai pilihan kedua. Sebagai data pembanding, pada SNMPTN tahun lalu terdapat 22.531 siswa yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember.

“Alhamdulillah, peserta SNMPTN 2022 di Universitas Jember meningkat sebesar 3,5 %. Jika pendaftar tahun 2021 sejumlah 22.531 orang maka tahun ini naik menjadi 23.312 orang,” jelas Wakil Rektor I bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Jember, Prof. Slamin mengutip laman resmi Universitas Jember, Sabtu (26/3/2022).

Baca: Kisah Tiara, Wisudawan Termuda ITS Lulus di Usia 19 Tahun

Menurutnya, jumlah ini membuktikan bahwa Universitas Jember masih menjadi pilihan bagi banyak siswa. Terutama di wilayah Jawa Timur, bahkan bagi siswa dari luar pulau Jawa. Guru Besar di Fakultas Ilmu Komputer ini membeberkan data lima besar provinsi asal siswa yang mendaftarkan diri ke Universitas Jember.

Siswa dari Jawa Timur memang masih mendominasi dengan 14.058 siswa, disusul siswa dari provinsi Jawa Tengah dengan 499 siswa dan provinsi Jawa Barat yang menyumbangkan 309 siswa. Sementara posisi keempat ditempati siswa dari provinsi Sumatera Utara dengan 180 siswa dan Provinsi Bali dengan 122 siswa.

Menurut Prof. Slamin, peningkatan pendaftar di Universitas Jember melalui jalur SNMPTN dimungkinkan karena banyak program studi di Universitas Jember yang status akreditasinya sudah meningkat. Kedua, Universitas Jember tetap melaksanakan sosialisasi dan promosi walaupun masih di masa pandemi Covid-19.

Baca juga: Selamat, Prof. Adiwijaya Terpilih Sebagai Ketua Aptikom Jabar Periode 2022-2026

“Namun tentu saja bentuk sosialisasi dan promosi yang kami lakukan lebih banyak dalam bentuk daring, semisal kegiatan webinar sosialisasi tata cara pendaftaran SNMPTN 2022 dan promosi Universitas Jember yang kami laksanakan dengan menggandeng Musyawarah Guru Bimbingan Konseling di berbagai kota di Jawa Timur,” katanya.

“Termasuk melayani permohonan banyak sekolah yang meminta kami memberikan penjelasan secara langsung mengenai dunia pendidikan tinggi kepada siswanya secara daring,” tambahnya.

Universitas Jember sendiri merencanakan menerima 2.372 mahasiswa baru tahun angkatan 2022 dari jalur SNMPTN. Prof. Slamin mengingatkan agar siswa yang nantinya di terima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) termasuk di Universitas Jember maka wajib melakukan daftar ulang.

Pasalnya bagi siswa yang sudah diterima di PTN melalui jalur SNMPTN dipastikan tidak bisa mendaftarkan diri ke PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Sesuai rencana, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil SNMPTN pada tanggal 29 Maret 2022 nanti.

“Saya berharap semua siswa yang sudah dinyatakan diterima di jalur SNMPTN segera melaksanakan daftar ulang, manfaatkan kesempatan emas untuk kuliah di perguruan tinggi sebaik-baiknya sebab ada ribuan rekan Anda yang ingin kuliah di PTN namun gagal lolos seleksi,” pesan Prof. Slamin.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)