Profil 2 Menteri Era Jokowi yang Merupakan Alumni SMA 3 Semarang

Jum'at, 13 Mei 2022 - 17:42 WIB
loading...
A A A
Dalam era Jokowi, dia juga pernah dinobatkan menjadi Menteri Keuangan Terbaik se-Asia tahun 2017 oleh Majalah Finance Asia.

2. Retno Marsudi

Retno Lestari Priansari Marsudi saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dia menjadi wanita pertama yang menempati jabatan tersebut.

Retno Marsudi lahir di Semarang pada 27 November 1962. Sama halnya dengan Sri Mulyani, dia menjadi alumni dari SMA 3 Semarang. Dari bersama di bangku sekolah, keduanya dipertemukan kembali untuk bekerja sama dalam di bawah kepemimpinan Jokowi.

Setelah menamatkan pendidikan di SMA 3 Semarang, dia melanjutkan pendidikan di Universitas Gadjah Mada, Jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Setelah itu, Retno Marsudi mengejar gelar Master di The Hague University of Applied Science.

Dalam kariernya, Retno Marsudi pernah menjabat sebagai Sekretaris satu bidang ekonomi di Kedutaan Besar RI untuk Belanda di Den Haag pada 1997-2001. Setelah itu, kariernya semakin menanjak dan pernah menjadi Duta Besar RI untuk Norwegia dan Islandia pada 2005.

Dalam jabatannya tersebut, dia mendapat penghargaan Royal Norwegian Order of Merit pada 2011 dan menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkannya.

Pada masa pemerintahan Joko Widodo, Retno Marsudi ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri per 27 Oktober 2014 dan masih bertahan hingga kini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3528 seconds (0.1#10.140)