10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Kamis, 09 Juni 2022 - 00:27 WIB
loading...
A A A
IIUM merupakan salah satu universitas terbaik di Malaysia. Selain itu juga merupakan universitas Malaysia pertama yang memperoleh International Green Gown Award. IIUM memenangkan kategori Best Sustainable Institution pada 2020.

Menurut QS WUR Ranking by Subject, IIUM menempati peringkat 28 untuk bidang Theology, Divinity, and Religious Studies.

Selain studi keagamaan, kampus ini juga unggul di bidang Finance. IIUM juga mempunyai program khusus yaitu Institute of Islamic Banking and Finance dan telah mendapat penghagraan The Best Islamic Finance University versi Global Banking and Finance Award 2017.

5. Umm Al-Qura University

Umm Al-Qura University berdiri pada 1396 dengan nama College of Shari'ah, menjadikan Umm Al-Qura University sebagai universitas tertua di Arab Saudi.

Umm Al-Qura University memiliki 3 kampus yang tersebar di wilayah Kota Mekkah. Untuk bisa kuliah di kampus ini, mahasiswa internasional harus mengikuti kelas Arabic Language for Non Native-Speaker terlebih dulu. Jika lulus, baru bisa lanjut kuliah di bidang yang dipilih.

6. Universitas Al-Qarawiyyin, Marokko

Universitas Al-Qarawiyyin adalah universitas tertua di dunia yang didirikan pada tahun 859 M di Kota Fez, Marokko oleh seorang bangsawan muslimah dari Tunisia yang bernama Fathimah Al-Fihri.

Universitas ini memiliki perpustakaan bersejarah yang masih dibuka untuk umum yang di dalamnya terdapat ribuan manuskrip dan buku-buku bersejarah tentang berbagai macam subjek.

Universitas ini telah melahirkan orang-orang hebat dari baik dari kalangan muslim bahkan Yahudi. Ibnu Khaldun, seorang sejarawan terkemuka, dan Paus Silverter II pernah menuntut ilmu di universitas ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)