10 Universitas Islam Terbaik di Dunia yang Banyak Diburu Calon Mahasiswa

Kamis, 09 Juni 2022 - 00:27 WIB
loading...
A A A
7. Iran University of Science and Technology (IUST)

IUST terletak di Tehran, ibukota Iran yang menjadi rumah bagi banyak masjid, gereja, dan tempat ibadah bersejarah lainnya. Di kota ini juga terdapat beberapa landmark Iran seperti Azadi Tower dan Milad Tower.

IUST adalah universitas terbaik keempat di Iran. Terdapat 13 fakultas di bidang engineering and science. Terdapat pula 3 departemen lain di bidang Foreign Language, Islamic Studies, dan Physical Education.

IUST menjadi universitas Iran dengan aktivitas internasional terbanyak pada 2019 dan 2020. Indikatornya aantara lain jumlah paper internasional, kerja sama dengan universitas dan perusahaan luar negeri, dan keanggotaan dalam organisasi internasional.

8. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia (UII) berada di peringkat ke-7 versi uniRank. UII merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Yogyakarta. Kampus ini merupakan salah satu PTS tertua di Indonesia. UII berdiri sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada 8 Juli 1945.

UII yang didirikan dengan nama Sekolah Tinggi Islam (STI) merupakan perguruan tinggi nasional yang pertama kali berdiri di Indonesia. Pada masa itu, pendidikan tinggi yang ada di Tanah Air didirikan dan dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda. Berdirinya STI menjadi bukti, masyarakat Indonesia memiliki kesadaran akan pendidikan. Kini UII telah berkembang pesat secara akademik maupun non akademik.

9. SĂĽleyman Demirel Ăśniversitesi

Universitas Suleyman Demirel berada di peringkat ke-16 sebagai perguruan tinggi Islam terbaik versi uniRank. Universitas Suleyman Demirel merupakan universitas yang didirikan pada 11 Juli 1992.

Terletak di kota Isparta, universitas ini awalnya merupakan sebuah akademi bernama “Isparta State Engineering and Architecture Academy” yang didirikan pada 1976 dengan fakultas Teknik dan Arsitek sebagai fakultas utama. Universitas ini juga terkenal dalam program Riset Pertanian, Kedokteran, Teknik dan Ilmu Bisnis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4111 seconds (0.1#10.140)