5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

Kamis, 09 Juni 2022 - 11:41 WIB
loading...
A A A
Sejarah Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga diprakarsai oleh Dr.Lonkhuizen yang menjabat sebagai Kepala Departemen Kesehatan Masyarakat yang ingin membuka sekolah pendidikan dokter gigi di Surabaya pada 1928.

Laman FKG Unair menyebutkan, Pendidikan Kedokteran Gigi diberi nama School Tot Opleiding Van Indische Tandartsen (STOVIT 1928 – 1942) khusus untuk dokter gigi lokal di Indonesia pada masa pendudukan oleh Pemerintah Hindia Belanda.

Sekolah yang dimulai pada 28 September 1928 pada tahun ajaran pertama menerima 21 siswa dengan masa pendidikan lima tahun, termasuk latihan klinis 3 tahun. Kini Fakultas Kedokteran Gigi Unair memiliki 10 program studi, 155 dosen, 15 profesor dan 5.467 alumni.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah bagi Pecinta Petualang, dari Arkeologi hingga Pariwisata

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Berdirinya Fakultas Kedokteran Gigi UGM diawali sejak didirikannya Perguruan Tinggi Kedokteran Gigi di Rumah Sakit Tegalyoso, Klaten (1948). Pada tahun ini juga, tepatnya tanggal 5 Maret 1948 diresmikan penggabungan dengan Perguruan Tinggi Kedokteran yang telah ada sejak tahun 1946 di Klaten. Gabungan dua perguruan tinggi ini diberi nama Perguruan Tinggi Kedokteran dan Kedokteran Gigi bertempat di Rumah Sakit Tegalyoso, Klaten.

Laman FKG UGM menyebutkan, Fakultas Kedokteran Gigi UGM membuka beberapa program studi yakni, program sarjana dan profesi program studi pendidikan gigi, program sarjana higiene gigi, S2, S3 dan program pendidikan dokter gigi spesialis.

4. Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pendirian Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran didasari oleh pemikiran bahwa Dokter Gigi di Indonesia pada tahun 1956-1957, relatif masih sedikit dan pendidikan dokter gigi ketika itu bergabung dengan fakultas kedokteran. Itu pun baru ada di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Airlangga Surabaya.

Dikutip dari laman FKG Unpad, kondisi itu mendorong Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), di antaranya Prof. Drg. Soeria Soemantri, MPH dan Prof. Dr. RM Soelarko untuk mendirikan fakultas-fakultas kedokteran gigi baru sesuai cita-cita PDGI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)