Tips Mengasah Kemampuan Motorik Anak Lewat Bermain, Orang Tua Perlu Coba

Selasa, 21 Juni 2022 - 20:15 WIB
loading...
Tips Mengasah Kemampuan Motorik Anak Lewat Bermain, Orang Tua Perlu Coba
Seorang anak sedang mewarnai gambar. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tahukah anda? Jika kemampuan motorik pada anak sangat berpengaruh pada gerakan lengan, kaki atau anggota gerak lainnya, seperti menggerakan tubuh atau berpindah posisi.

Kemampuan motorik kasar terdiri dari merangkak, duduk dari berdiri atau rebahan dan sebaliknya, berjalan, berlari, menggelengkan kepala, melempar bola dan lain sebagainya.



Keterampilan ini perlu dikuasai anak sejak usia 1 tahun. Pengembangan keterampilan motorik bisa diawali dari otot-otot besar di lengan, kaki dan badan. Setelah itu, barulah otot-otot kecil mulai berkembang sehingga ketangkasan anak dalam menangkap, menggenggam, melempar atau menggerakkan jari jadi lebih kuat.

Bermain adalah salah satu aktivitas yang dapat berguna untuk mengasah kemampuan motoriknya, berikut cara memaksimalkan waktu bermainnya untuk mengasah kemampuan motorik anak:

1. Menari

Cara pertama yang bisa melatih kemampuan motoriknya ialah dengan menari, karena menggerakkan tangan, kaki, dan tubuh ternyata bisa dilakukan sekaligus lewat satu kegiatan.



Meski pada usia ini anak belum bisa menarikan suatu gerakan dengan sempurna, menari dapat membuat ia memperluas variasi dan mempelajari ruang gerak tubuh mereka sendiri. Dengan begini, kemampuan motorik anak akan semakin berkembang.

2. Bercocok Tanam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2669 seconds (0.1#10.140)