10 Strategi Sukses Lolos Ujian Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Rabu, 29 Juni 2022 - 00:51 WIB
loading...
A A A
Agar tidak gagal untuk kedua kalinya, memperbanyak latihan soal akan membantu dalam menguasai materi. Nggak hanya memudahkan saja, tetapi juga bisa memperlancar kalian dalam menjawab soal saat ujian nanti.

Sebagai simulasinya, kalian dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian mandiri tahun lalu. hal ini sangat efektif karena tidak menutup kemungkinan banyak soal-soal tahun lalu yang keluar.

7. Cari tahu materi tes yang diujikan

Setiap PTN memiliki kewenangan masing-masing dalam menentukan kriteria seleksi mandirinya. Maka dari itu, biasanya setiap PTN memiliki materi tes yang berbeda-beda.

Kalian harus mencari tahu dengan detail materi seleksi dari PTN yang kalian tuju. Namun, tes yang diujikan biasanya masih berhubungan dengan kemampuan akademis sesuai pilihan program studi, pemahaman bacaan dan menulis, serta kemampuan matematika dasar.

8. Tetap semangat belajar

Pandemi Covid-19 membuat kita harus melakukan beberapa aktivitas dari rumah, termasuk belajar. Meskipun harus belajar dari rumah, kalian tetap harus semangat, karena sekarang banyak PTN yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN sebagai indikator penilaian ujian mandiri. Tingkatkan belajarmu dan ulas kembali materi yang belum kalian kuasai.

9. Pilih metode tes

Di beberapa PTN kalian bisa memilih metode tes yang diinginkan, apakah itu dengan nilai UTBK atau dengan tes. Apabila kalian memiliki nilai UTBK yang bagus di atas rata-rata, maka kalian bisa menggunakannya untuk seleksi mandiri.

Namun, jika kalian merasa nilainya kurang bagus, maka tidak ada salahnya untuk kembali mengikuti seleksi mandiri jalur ujian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)