10 Strategi Sukses Lolos Ujian Mandiri di Perguruan Tinggi Negeri Favorit

Rabu, 29 Juni 2022 - 00:51 WIB
loading...
A A A
Pada ujian mandiri, beberapa PTN ada yang mengharuskan pesertanya untuk menyertakan nilai UTBK. Maka dari itu, kalian harus memilih jurusan sesuai dengan rumpun ilmu yang dipilih saat UTBK.

Pastikan memilih prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu, sama seperti saat memilih prodi saat di UTBK. Ini akan membantu karena seluruh persiapan yang sudah dilakukan selama ini tidak akan sia-sia dan kalian pun bisa tetap fokus mengejar target.

3. Ketahui daya tampung dari PTN pilihan

Perlu bagi peserta ujian mandiri, untuk tahu daya tampung dari PTN pilihanmu. Biasanya, kuota daya tampung untuk jalur mandiri adalah maksimal 30% dari kuota daya tampung keseluruhan setiap prodi di PTN.

Nah, jumlah 30% ini akan berbeda tergantung PTN dan program studinya. Maka dari itu, pastikan kalian sudah mengecek daya tampung program studi melalui website PTN pilihanmu.

4. Persiapkan persyaratan yang diperlukan

Karena ketentuan ujian mandiri diatur oleh masing-masing PTN, maka syarat yang dibutuhkan akan berbeda-beda. Kalian tetap harus update informasi mengenai persyaratan yang diperlukan. Siapkan semua berkas jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian mandiri.

5. Pastikan jadwal ujian mandiri yang ingin diikuti

Apabila ingin mengikuti beberapa seleksi mandiri PTN di beberapa kampus, maka harus memastikan jadwalnya tidak bentrok. Jangan sampai kalian sudah mendaftar dan mengeluarkan biaya tambahan, tetapi tidak bisa mengikuti proses seleksi karena jadwal yang tidak sesuai.

6. Perbanyak latihan soal
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)