Ini 3 Jurus Jitu Jadi Pemimpin Transformasional ala Elon Musk

Kamis, 07 Juli 2022 - 02:20 WIB
loading...
A A A
Organisasi dapat memanfaatkan penggunaan aplikasi daring (online tools) untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi luaran kegiatan, dan menciptakan dampak yang lebih besar bagi lingkungan.

2. Kemampuan Mengelola Konflik

Pembina & Founder Yayasan Inovasi Sosial Berkelanjutan, Edy Fajar Prasetyo, mengatakan keberhasilan seorang pemimpin akan selalu dinilai dari keputusan yang dibuatnya. Untuk mengambil keputusan efektif, menurut Edy, pemimpin perlu belajar dari pengalaman manajemen sebelumnya.

Setiap jaman, organisasi memiliki tantangan yang berbeda dan menjadikan para pemimpin berupaya mengidentifikasi dan mengambil keputusan penting.

"Hasil yang ditemukan menjadikan pemimpin masa kini untuk terus berupaya memperbaiki dan mempelajari hal baru yang dapat memengaruhi organisasi di masa yang akan datang,” jelas pemimpin muda yang dikenal dengan gerakan ‘Gajahlah Kebersihan’ tersebut.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) 2018, Drs. Heru Winarko mengungkapkan, yang tak kalah penting bagi organisasi adalah membangun kepercayaan publik melalui pemimpinnya.

“Karenanya seorang pemimpin harus jujur, dapat dipercaya, punya rasa empati yang tinggi, serta terampil dan memiliki kemauan untuk membantu sesama. Saya menyebutkan credible, acceptable, dan capable,” ujarnya.

3. Keterampilan Memotivasi Anggota Tim

Direktur Utama PT Migas Hulu Jabar ONWJ, Ryan Alfian Noor, menyebutkan bahwa untuk mencapai tujuan organisasi, seorang pemimpin sebisa mungkin menciptakan lingkungan kerja positif. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membangun komunikasi interaktif dengan para anggota tim yang memiliki beragam kepribadian.

Senada dengan pernyataan tersebut, Program Spesialis Rumah Kepemimpinan, Enung Azizah Mulyawati menyebutkan interaksi dan komunikasi pro-aktif seorang pemimpin kepada anggota sebagai salah satu kunci keberhasilan tujuan organisasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3061 seconds (0.1#10.140)