Lima Wisudawan Disabilitas Lulus dari Unesa, Rektor Siapkan Beasiswa

Jum'at, 29 Juli 2022 - 19:18 WIB
loading...
A A A
Kuliah di prodi DKV merupakan cita-citanya sejak dulu. Ia memiliki bakat menggambar dan desain sejak kecil. Bakat saja tidak cukup, ia harus belajar giat dan berlatih menyelesaikan tugas-tugas dan project akademik.

“Ya harus belajar mulai dari awal, seperti menggunakan corel draw, photoshop, illustrator dan sebagainya,” bebernya.

Selain sibuk kuliah, Nabila juga aktif di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas (PSLD) Unesa. Kemudian juga berkecimpung dalam bidang teknologi dan informasi serta terlibat merancang aplikasi Kampung Baluwarti Surakarta sebagai media pelestarian warisan budaya.

“Cita-cita saya jadi entrepreneur dan bisa menghasilkan karya yang dapat bermanfaat untuk semua. Di posisi ini saya berterima kasih kepada orang tua, dosen dan teman-teman semuanya. Tanpa dukungan, saya tidak akan sampai di posisi ini,” ucapnya.

Hal yang serupa diungkapkan Nurul Hikmah. Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris itu selain fokus kuliah juga aktif di organisasi, Persatuan Tunanetra Indonesia Jawa Timur salah satunya.

Baginya, disabilitas bukanlah hambatan untuk menjadi sukses. Justru, dengan disabilitas itulah harus menjadi cambuk penyemangat untuk lebih keras dalam belajar dan mengembangkan diri.

“Saya percaya setiap orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Nah, kelebihan ini yang harus saya kembangkan dan buktikan kepada dunia. Kekurangan tentu saya perbaiki tahap demi tahap,” ucapnya semangat.

Baca juga: Bertambah 13 Guru Besar, Unpad Genapkan 200 Profesor Berbagai Kepakaran

Dia selalu bangkit di kala jatuh dan selalu semangat di kala lelah. Maklum, prodi yang dia ambil terbilang menantang yaitu Pendidikan Bahasa Inggris yang tidak hanya menuntut pemahaman tetapi juga skill berbicara.

“Saya tak mau peduli apa kata orang. Saya percaya semua ada jalannya. Kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak bisa. Makanya saya belajar terus dan melangkah penuh keyakinan hingga akhirnya saya bisa membuktikan kalau saya benar-benar bisa,” ujar Savira Ayu Mukti, lulusan disabilitas lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2938 seconds (0.1#10.140)