IPB Kembangkan Beras Sorgum Kaya Manfaat, Ini Keunggulannya

Minggu, 31 Juli 2022 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Ia menambahkan, bagi petani, bertanam sorgum IPB SORICE dapat memberikan panen lebih dari satu kali dengan sekali menanam, karena varietas IPB SORICE mampu membentuk tanaman ratun setelah dipangkas saat panen. Kemampuan meratun selain menguntungkan bagi petani juga membantu konservasi tanah karena lahan tidak harus diolah kembali untuk menanam ulang.

“Tanaman ratun juga lebih menghemat air dan pupuk serta lebih cepat panen. Panen tanaman ratun dapat mencapai 60 persen dari tanaman utama. Daun dan batang sorgum varietas IPB SORICE juga mempunyai sifat stay green yaitu tetap hijau saat dipanen sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pakan ternak sapi,” imbuhnya.

Menurutnya, bagi masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa memasak nasi dari beras padi tidak akan mengalami kesulitan dalam mengolah sorgum karena beras sorgum dapat ditanak seperti menanak nasi dari beras padi. Tepung dari biji sorgum juga dapat diolah menjadi berbagai makanan baik cake maupun kue kering yang bebas gluten dan berprotein tinggi,” tandasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3459 seconds (0.1#10.140)