Lima Universitas dengan Jurusan Farmasi Terbaik di Indonesia dan Prospek Kerjanya

Selasa, 02 Agustus 2022 - 10:29 WIB
loading...
A A A
Bagi kalian yang masih bimbang memilih jurusan perkuliahan, jurusan Farmasi memiliki beragam prospek kerja dengan gaji yang menarik. Dikutip dari laman Gokampus, berikut ini lima prospek kerja Farmasi dan kisaran gajinya.

1. Farmasi Industri

Prospek kerja farmasi yang pertama adalah bekerja di bidang farmasi industri. Pekerjaan yang satu ini cukup banyak diincar oleh banyak mahasiswa lulusan farmasi. Dimulai dari proses pengabdian di bidang industri, kalian akan ditempatkan pada bagian research and development (R&d) untuk menentukan formula, teknik pembuatan, dan menentukan spesifikasi bahan-bahan baku yang akan digunakan dalam membuat obat.

Para pekerja di bidang farmasi industri menerima kisaran gaji mulai dari Rp4.000.000 hingga Rp8.000.000 perbulannya.

2. Dunia Pendidikan

Prospek kerja farmasi yang kedua adalah bekerja di dunia pendidikan. Khususnya bagi yang memiliki minat dalam bidang pendidikan, kalian juga bisa menjadi guru atau dosen yang fokus di mata kuliah jurusan farmasi.

Namun, untuk menjadi seorang dosen, kalian harus menempuh pendidikan minimal S2 di bidang farmasi karena peluang kerjamu sebagai dosen di bidang farmasi sangat dibutuhkan. Besaran gaji yang akan diterima pada umumnya tergantung dari jam mengajar, namun kira-kira sekitar Rp4.000.000 per bulan tanpa tunjangan dan lain sebagainya.

3. Lembaga Pemerintah

Prospek kerja farmasi berikutnya adalah kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan. Sebagai mahasiswa lulusan farmasi, tentunya untuk bisa bekerja di lembaga resmi pemerintahan khususnya yang mengurus pelegalan obat dan makanan disebut dengan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) adalah hal yang menarik sekali.

Kalian akan bersaing dengan banyak pelajar lainnya di seluruh Indonesia. Bagi yang ingin bekerja di BPOM, kisaran gaji yang bisa didapatkan adalah Rp2.500.000 hingga Rp16.500.000 per bulannya tergantung dengan jabatan yang kamu miliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)