15 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Para Introvert, Akuntansi hingga Sains

Rabu, 24 Agustus 2022 - 14:24 WIB
loading...
A A A
Jurusan Ilmu Aktuaria kerap juga disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Apa sebabnya? Aktuaria sendiri merupakan ilmu tentang asuransi, atau ilmu tentang pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Kalian akan mendapatkan mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, pemrograman komputer, hingga data science atau big data.

Dengan belajar di jurusan ini kalian diharapkan dapat menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

3. Arsitektur

Jurusan Arsitektur mempelajari tentang desain dan rancangan konstruksi bangunan. Bidang arsitektur lebih cenderung menuangkan ide, konsep, dan desain di atas kertas, sedangkan untuk realisasi pembangunannya akan dikerjakan oleh Teknik Sipil. Untuk mendalami arsitektur, kalian harus mempelajari kekuatan bangunan (firmitas), estetika atau keindahan bangunan (venustas), dan fungsi bangunan (utilitas). Jurusan Arsitektur juga termasuk jurusan yang populer dengan banyak peminat di Indonesia.

4. Teknik Informatika

Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka banget dengan bidang teknologi dan suka mengotak-atik komputer. Dalam proses pembelajarannya pun tidak memerlukan banyak interaksi dengan orang lain. Jurusan Teknik Informatika sangat berkaitan dengan komputer dan juga pengoperasiannya.

Kalian dituntut untuk fokus dengan apa yang kamu kerjakan, misalnya coding, membuat program, atau memperbaiki aspek teknis lain yang berhubungan dengan komputer. Jenis pekerjaan ini harus kamu tangani sendiri dan nggak menuntut kamu untuk mengerjakannya secara berkelompok. Lulusan dari jurusan Teknik Informatika juga semakin dicari.

5. Jurnalistik

Jurusan Jurnalistik adalah ilmu yang mempelajari tentang cara memproduksi, mengumpulkan, menyeleksi, dan mengolah informasi yang memiliki nilai berita dengan akurat dan menarik. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai bentuk jurnalisme baik itu dalam bentuk tulisan, visual, audio, atau audio visual.

Kamu juga akan belajar menyusun naskah, teknik mengambil dan memilih foto yang tepat untuk dijadikan bahan tulisan, hingga keahlian teknis seperti fotografi, editing, video, stenografi, dan desain website.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)