Vokasi UI Dukung Pencegahan Stunting Melalui Edukasi di Kepulauan Rinca NTT

Rabu, 07 September 2022 - 14:20 WIB
loading...
A A A
Pemaparan materi edukasi meliputi pentingnya mengenali tanda stunting dan pencegahan stunting pada anak, yaitu pada 1.000 hari pertama kehidupan, stimulasi pengasuhan, dan diberlakukannya pendidikan berkelanjutan.

Program pendampingan, konseling, dan beberapa pemerikasaan, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas dan kadar HB dapat dilakukan tiga bulan sebelum menikah dengan tujuan untuk memastikan calon pasangan usia subur dalam kondisi yang ideal untuk menikah dan persiapan hamil.

"Salah satu penyebab stunting adalah pola asuh yakni orang tua atau keluarga belum sepenuhnya memahami kesehatan gizi, makanan yang sehat meskipun penghasilan utama penduduk adalah ikan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), serta minimnya akses air bersih, sanitasi lingkungkungan yang masih menjadi kendala," kata Sumardin, petugas kesehatan di Desa Pasir Panjang.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta kesadaran penduduk Desa Pasir Panjang, untuk memperbaiki kondisi kesehatannya.

Terutama menurunkan angka kejadian stunting dan dapat mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam pola hidup sehat tanpa kurang gizi dan dapat meningkatkan taraf kehidupan ekonomi penduduk Desa Pasir Panjang.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6956 seconds (0.1#10.140)