Inilah Deretan Universitas Katolik Tertua di Indonesia

Kamis, 22 September 2022 - 17:46 WIB
loading...
A A A
Universitas Sanata Dharma telah berdiri sejak tahun 1955. Dikutip dari laman resminya, pendirian Universitas Sanata Dharma bermula dari ide pendirian Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) oleh Prof. Moh. Yamin pada 1950-an.

Kala itu, usulan tersebut disambut baik oleh para imam Katolik, terutama Ordo Societas Jesus (Serikat Yesus yang umum disingkat S.J.). Pada perkembangannya, muncul sebuah perguruan tinggi yang menandai kelahiran PTPG Sanata Dharma pada 20 Oktober 1955 dan diresmikan pemerintah 17 Desember 1955.

Pada awalnya, PTPG Sanata Dharma hanya mempunyai 4 Jurusan, yakni Bahasa Inggris, Sejarah, IPA, dan Ilmu Mendidik. Setelah beberapa kali berganti nama, tanggal 20 April 1993 sesuai dengan SK Mendikbud No. 46/D/O/1993, IKIP Sanata Dharma berubah nama kembali menjadi Universitas Sanata Dharma atau lebih dikenal dengan nama USD.

Baca juga : Wujudkan Toleransi Beragama, Universitas Pancasila Bangun Vihara

3. Universitas Katolik Widya Mandala

Sekitar tahun 1958, Mgr. J. Klooster, CM selaku Uskup Surabaya mendirikan Yayasan Widya Mandala. Dikutip dari laman resminya, penamaan Widya Mandala sendiri berasal dari bahasa Jawa kuno, yakni Mandala yang berarti gedung atau tempat dalam arti tidak hanya fisik serta Widya yang artinya sarjana.

Jadi Widya Mandala dapat diartikan sebagai tempat pendidikan untuk orang-orang yang bijaksana dan sukses (sarjana).

Dalam riwayatnya, tanggal 20 September 1960 ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Pada awal pendiriannya, UKWMS hanya memiliki satu fakultas dan berlokasi di Jalan Dr. Soetomo, Surabaya.

Pada perkembangannya, beberapa fakultas baru dibentuk di Universitas Katolik Widya Mandala. Beberapa diantaranya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Farmasi, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknik, dan sebagainya.

4. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)