5 Jurusan Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi

Kamis, 29 September 2022 - 09:52 WIB
loading...
5 Jurusan Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi
5 jurusan sepi peminat tapi punya prospek kerja menjanjikan dan gaji tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Banyaknya pilihan jurusan di perguruan tinggi kadang bikin calon mahasiswa baru kepusingan. Apabila salah jurusan karena jurusannya tidak sesuai dengan keinginan bisa-bisa kuliah bisa berhenti di tengah jalan.

Calon mahasiswa dibebaskan untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Sebab dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat maka kalian akan lebih nyaman dan semangat untuk berkuliah.

Kebanyakan anak memilih jurusan yang ramai peminat seperti Hukum, Komunikasi, Psikologi, Kedokteran, dan Teknik. Tapi nyatanya, prospek kerja yang menjanjikan dan luas bukan hanya dilihat dari jurusan yang peminatnya banyak aja, lho!.

Baca juga: 4 Universitas Muhammadiyah Terbaik Versi Webometrics 2022, Bisa Jadi Referensi

Beberapa jurusan yang kurang peminat juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Dikutip dari laman Brain Academy, berikut ini lima jurusan yang masih jarang peminat, tapi lulusannya banyak dibutuhkan.

1. Jurusan Oseanografi

Siapa nih di antara kamu yang suka laut? Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan. Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut, yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan lain-lainnya.

Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ini antara lain adalah Komputasi Oseanografi, Oseanografi Kimia, Selam dan Navigasi Laut, Pasang Surut, dan masih banyak lainnya. Nah, sebagai lulusan jurusan ini, kamu memiliki prospek kerja yang luas, karena kamu dapat bekerja di berbagai industri, terutama industri yang berhubungan dengan laut.

Lulusan Oseanografi juga dapat bekerja sebagai oceanographer, coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, marine seismic navigator (offshore navigator, hydrographic surveyor, peneliti di berbagai lembaga swasta atau pemerintahan, dan menjadi tenaga pengajar.

Selain itu, gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate jurusan ini bisa mencapai angka Rp10jt per bulan, lho! Kalau kamu tertarik dengan jurusan Oseanografi, ada dua PTN ternama yang menyediakan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

2. Antropologi Sosial

Antropologi sosial adalah cabang ilmu antropologi yang mempelajari hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat dan budaya suatu etnis, mulai dari perilaku dan keanekaragamannya. Cocok banget buat yang memiliki ketertarikan dalam hubungan antar manusia dan budaya. Jika kalian memilih jurusan ini, maka akan mendapatkan mata kuliah Antropologi Pariwisata, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Sejarah Teori Antropologi, Kebudayaan Manusia dan masih banyak lainnya.

Lulusan antropologi sosial dapat bekerja di berbagai bidang dan memiliki prospek kerja yang luas. Namun pada umumnya, lulusan dari jurusan ini berkarir di bidang akademik dan riset. Prospek kerja lulusan antropologi sosial di antaranya adalah peneliti, dosen, wartawan, PNS, manajemen sumber daya manusia, konsultan masyarakat dan masih banyak lagi.

Kalau kamu bekerja menjadi konsultan, gaji yang akan kamu dapatkan per bulannya adalah Rp6jt hingga belasan juta rupiah. Selain konsultan, jika kamu berprofesi sebagai staf penelitian, kamu bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta rupiah, lho.

Baca juga: Mahasiswa Tel-U Ciptakan Touchless Smart Toilet, Mampu Deteksi Kesehatan Sejak Dini

Kalau kamu tertarik dengan jurusan Antropologi Sosial, PTN yang memiliki jurusan ini antara lain adalah Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, dan Universitas Sumatera Utara.

3. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Banyak yang bilang kuliah jurusan Ilmu Perpustakaan cuma belajar tentang buku saja dan ujung-ujungnya menjaga perpustakaan. Nyatanya, jurusan Ilmu Perpustakaan tak hanya mempelajari ilmu perpustakaan aja, tetapi juga meliputi bidang arsip dan informasi. Jurusan ini cocok untukmu yang suka bermain dengan data, berkomunikasi dengan manusia, dan berimprovisasi di lembaga informasi. Beberapa mata kuliah yang kamu dapat dalam jurusan Ilmu Perpustakaan diantaranya adalah Administrasi Lembaga Informasi, Pangkalan Data untuk Lembaga Informasi, Sistem Pemberkasan, Sumber dan Jasa Informasi, Administrasi Arsip dan masih banyak lainnya.

Lulus dari jurusan Ilmu Perpustakaan, kamu punya peluang kerja yang luas, karena hampir seluruh instansi membutuhkan tenaga ahli bidang kepustakaan dan kearsipan. Kamu bisa menjadi pustakawan, document controller, sekretaris, indexer, administrasi arsip, pemilik percetakan dan penerbitan buku. Kalau kamu jadi pustakawan yang bekerja untuk lembaga pemerintah, gaji yang akan didapatkan adalah UMR atau sekitar Rp4jt, dan itu belum termasuk tunjangan, ya.

Jurusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia sudah tidak jarang, kamu bisa memilih jurusan ini di Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Islam Syarif Hidayatullah, dan UIN di beberapa daerah.

4. Jurusan Astronomi

Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang sepi peminatnya, mungkin karena belum banyak yang mengetahui prospek kerja jurusan ini atau banyak yang menganggap terlalu sulit. Jurusan ini cocok buat kamu yang suka mengamati benda langit. Karena, pada jurusan ini kamu akan fokus mempelajari tentang alam semesta dan benda-benda langit. Jurusan ini membutuhkan kemampuan dan minat yang kuat dalam matematika dan fisika.

Mata kuliah yang kamu dapatkan kalau mengambil jurusan Astronomi antara lain adalah Matematika, Kimia Dasar, Pengantar Keilmuan MIPA, Mekanika, Astrofisika, Mekanika Benda Langit, Tata Surya dan lain sebagainya. Lulusan jurusan Astronomi punya prospek kerja yang cerah, lho! Profesi untuk lulusan jurusan Astronomi antara lain adalah astronom, pegawai pemerintah, peneliti di berbagai lembaga-lembaga pemerintahan seperti BMKG, dan masih banyak lainnya.

Prospek kerja lulusan jurusan Astronomi ini terbilang menjanjikan, karena gaji yang didapatkan per bulannya kisaran Rp4jt-Rp33jt. Uniknya, hingga saat ini, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Astronomi hanya Institut Teknologi Bandung (ITB). Bukan hanya satu-satunya di Indonesia, tapi juga pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara.

5. Jurusan Arkeologi

Pada dasarnya, jurusan arkeologi adalah kajian yang mempelajari manusia pada masa lalu maupun sekarang melalui peninjauan material yang ada. Dengan begitu, pada jurusan ini, kamu akan menganalisa dan mempelajari tentang peninggalan purbakala, peristiwa masa lampau, hingga mempelajari artefak. Mata kuliah yang kamu dapatkan jika memilih jurusan ini antara lain adalah Pengantar Teori Arkeologi, Paleoantropologi dan Bioantropologi, Keramologi, Prinsip-prinsip Penelitian Arkeologi, Peradaban Kuno dan masih banyak lagi.

Meski jurusan arkeologi di Indonesia tergolong masih sedikit, tapi berikut adalah PTN yang memiliki jurusan arkeologi, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas Jambi, Universitas Halu Oleo dan Universitas Hasanuddin.

Selain itu, profesi dan karier dari lulusan jurusan Arkeologi cukup beragam, yaitu Ahli Antropologi, Jurnalis Arkeologi, Sejarawan, Arkeolog, Penulis, Dosen, dan masih banyak lagi. Gaji Arkeolog Indonesia rata-rata kisaran Rp4juta-Rp7 juta per bulan. Sedangkan untuk Arkeolog yang sudah berpengalaman, gaji mereka bisa sampai ratusan juta, lho! Itulah mengapa jurusan Arkeologi menjadi salah satu jurusan yang sepi peminat tetapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2856 seconds (11.252#12.26)