Cerita Dara, Impiannya Belajar ke Luar Negeri Terwujud lewat IISMA

Kamis, 06 Oktober 2022 - 17:11 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Mahasiswa UGM Gagas Stress Watch, Bagaimana Cara Kerjanya?

Yang bikin Dara kaget juga, budaya jalan kaki ternyata masih tinggi di sana. Mau tidak mau dia pun harus membiasakan hal itu. Dara mengatakan akan memanfaatkan waktu belajar di sana dengan sebaik-sebaiknya. Baik dari cara atau strategi belajar, budaya disiplin, inovasinya dan sebagainya yang kira-kira dapat menjadi bekal saat pulang ke Indonesia.

Dia berharap, mahasiswa Unesa lainnya bisa mendapatkan kesempatan yang sama untuk studi banding ke kampus-kampus luar negeri. Selain mencari banyak pengalaman, mengembangkan diri, juga untuk memperluas jaringan internasional.

“Harapannya, saya dan teman-teman mahasiswa bisa ikut ambil bagian untuk memajukan Indonesia lewat berbagai posisi dan inovasi yang bisa dilakukan. Mungkin bekal saya nanti ini bisa saya tularkan atau sampaikan kepada teman-teman yang lain di Indonesia,” ucapnya.

Tips Daftar IISMA

Mahasiswa tersebut membagikan tips dan trik bagi mahasiswa yang tertarik mengikuti IISMA, yakni.
1) Menentukan negara tujuan dan alasan kuat mengapa tertarik untuk memilih negara tersebut.
2) Yakin, karena tanpa keyakinan semua tidak akan bisa terwujud.

3) Optimis, mengejar mimpi, temukan alasan kuat mengapa kamu harus memilih dan harus ke negara itu, dan pastinya adalah berani untuk mencoba.

4) Cari tahu ketentuannya dan siapkan dari sekarang.

“Kenapa pilih IISMA karena saya merasa ini cocok dengan ambisi dan cita-cita sejak dulu. Melihat kondisi ekonomi kayaknya tidak mungkin ke sana. Namun, kita bisa menempuh atau mengikuti program pemerintah seperti IISMA. Banyak manfaat dan cocok. Lagipula ini dibiayai negara yang tentunya harus saya manfaatkan dengan baik,” tukasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)