Ini Bedanya TOEFL, IELTS, dan TOEIC untuk Kamu yang Ingin Studi ke Luar Negeri

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:08 WIB
loading...
A A A
Baca juga: Mahasiswa UGM Ikut KKN PPM, Berapa SKS yang Didapat?

Sistem Penilaian dan Jenis Soal TOEFL, IELTS, dan TOEIC

TOEFL

- Sistem Penilaian: Rentang nilai adalah 0-120. Masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking) memiliki nilai maksimal 30. Skor masing-masing bagian selanjutnya akan diakumulasikan menjadi skor keseluruhan.
- Soal Reading dan Listening: Pilihan ganda
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Menulis dua esai. Pada esai 1, peserta tes harus membaca membaca teks yang berisi penjelasan singkat mengenai topik tertentu kemudian menuliskan pendapatnya mengenai topik yang telah dijelaskan. Pada esai 2, peserta diminta menuliskan masalah-masalah tertentu.

IELTS

- Sistem Penilaian: Rentang skor tes IELTS adalah 0-9 untuk masing-masing bagian (Reading, Listening, Writing, dan Speaking). Skor dari keempat bagian akan dijumlahkan dan dibagi empat untuk mencapai skor akhir. Skor akhir memiliki rentang 0-9.
- Soal Reading: Bentuk soal beragam bisa berupa isian atau pilihan ganda (tetapi sangat jarang). Umumnya peserta tes diminta menentukan ide pikiran setiap paragraf.
- Soal Listening: Berupa isian singkat. Terkadang berupa pilihan ganda tetapi jumlahnya sedikit.
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Menulis 2 esai. Pada esai 1, peserta tes harus menjelaskan tabel atau grafik yang disajikan. Pada esai 2, peserta tes harus mengutarakan dan menjelaskan pendapatkan akan suatu permasalahan.

TOEIC

- Sistem Penilaian: Rentang nilai tes TOEIC Listening Reading adalah 10-990 (berasal dari akumulasi skor Listening (5-495) dan Reading(5-495)). Sementara nilai tes TOEIC Speaking Writing adalah 0-400 (dari akumulasi skor Speaking (0-200) dan Writing (0-200)).
- Soal Reading dan Listening: Pilihan Ganda
- Soal Speaking: Berbicara dengan komputer
- Soal Writing: Pertama, peserta diminta menulis kalimat berdasarkan gambar yang dilihat. Kedua, menuliskan jawaban dari soal yang dikirimkan ke email peserta. Ketiga, menulis esai berisi opini tentang suatu topik yang disediakan pihak penyelenggara tes.

Nah demikian tadi informasi mengenai perbedaan TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)