Sederet Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Mandiri Tanpa Tes, Ini Daftarnya

Rabu, 26 Oktober 2022 - 08:27 WIB
loading...
A A A
Tahun-tahun sebelumnya, jalur mandiri UNDIP dilakukan dengan sistem tes tulis yang lokasinya tersebar di beberapa kota. Namun, saat ini UNDIP memutuskan untuk menggunakan nilai rapor dan portofolio sebagai acuan seleksi mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Peserta yang berminat dapat langsung mendaftar dan mengisi data portofolio berupa rapor semester 1-5 dan atau prestasi lain melalui aplikasi, selain itu juga diwajibkan untuk melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangani oleh peserta dan orang tua.

2. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Masih satu lokasi dengan UNDIP, tepatnya di Semarang, Jawa Tengah, Universitas Negeri Semarang atau yang biasa disingkat UNNES ini juga melakukan seleksi mandiri dengan berdasarkan nilai rapor.

Terdapat dua jalur penerimaan, yakni jalur reguler dan jalur Pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), yang membedakan adalah calon mahasiswa yang memilih jalur reguler perlu membayar biaya pendaftaran.

Peserta dapat menginput data nilai rapor semester 1-5 dan prestasi melalui aplikasi. Sementara itu untuk peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio/video di youtube dan menginput tautan di aplikasi.

3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Jalur mandiri dengan nilai rapor yang dibuka oleh UNY dinamakan Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor (SM-Prestasi Akademik) yang melakukan seleksi berbasis nilai rapor untuk calon mahasiswa baru S1 dan/atau D4.

Peserta dapat mendaftar dan menginput nilai rapor di laman resmi UNY, selain itu untuk peserta yang memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio sesuai pilihan prodi.

4. Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)