Penjelasan Serta Perbedaan Konsep Pendidikan Menengah Antara SMA, SMK, STM, dan MA

Rabu, 26 Oktober 2022 - 22:38 WIB
loading...
A A A
Sebenarnya, konsep pendidikan MA tak jauh berbeda dengan SMA, hanya saja peserta didik MA akan mendapatkan pendidikan agama yang lebih banyak dan spesifik, seperti ilmu Fiqih, Al-Quran, Hadits, Akidah, Akhlak, Bahasa Arab, serta sejarah kebudayaan Islam.

Masih seperti SMA, para siswa MA akan diberikan pembelajaran mengenai jurusan yang dipilih melalui teori dan praktek. Namun, porsi teorinya lebih banyak selama 3 tahun.

Perbedaan SMA, SMK, STM, dan MA

Dalam aspek sistem pembelajaran, peserta didik SMA dan MA akan menggunakan lebih banyak sistem pembelajaran melalui teori, dibanding prakteknya.

Sedangkan, peserta didik SMK dan STM akan menggunakan lebih banyak sistem pembelajaran melalui praktek, dibanding teorinya.

Lalu, aspek tujuan pembelajaran, peserta didik SMA dan MA akan dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, seperti Pendidikan Tinggi atau Sekolah Tinggi.

Sedangkan, peserta didik SMK dan STM akan dipersiapkan untuk menjadi tenaga kerja yang terampil, produktif, dan mandiri.

Namun, tetap peserta didik SMK dan STM dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, dengan kejuruan yang sesuai atau selaras.

Kemudian, hal yang paling membedakan antara SMA, SMK, STM, dan MA adalah konsentrasi jurusan. Peserta didik SMA akan mendapatkan cakupan ilmu pengetahuan dan sosial yang lebih luas.

Hampir mirip dengan SMA, peserta didik MA juga akan mendapatkan cakupan ilmu pengetahuan dan sosial, namun diseimbangkan dengan ilmu agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)