5 Jurusan Kuliah Tersulit Tapi Banyak Peminatnya, Tertarik?

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:16 WIB
loading...
A A A
Alasan kedua adalah lamanya durasi pendidikan yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa Jurusan Kedokteran. Ketika jurusan lain hanya membutuhkan waktu kuliah selama 3,3–4 tahun, Jurusan Kedokteran mewajibkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan setidaknya 5–6 tahun hingga mereka dapat menerima gelar Dokter.

Dikutip dari laman LTMPT, jumlah peminat jurusan Pendidikan Dokter di Universitas Gadjah Mada (UGM) pada SBMPTN 2021 mencapai 3.666 orang. Persaingan untuk masuk jurusan ini sedemikian ketat sebab daya tampungnya untuk 2022 hanya disediakan untuk 52 calon mahasiswa baru.

3. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diincar di Indonesia. Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang seluk-beluk obat-obatan, mulai dari yang sintetik hingga alami. Tapi, perlu diketahui juga kalau Jurusan Farmasi tidak hanya mempelajari tentang obat. Selama kuliah, para mahasiswanya juga akan turut mempelajari tentang anatomi tubuh, Matematika, Kimia, Fisika, Biologi sel, tumbuhan obat, kosmetik, Kesehatan Masyarakat, bahkan sampai ke Manajemen dan Pemasaran

Tidak aneh jika Jurusan Farmasi dinobatkan sebagai salah satu jurusan tersulit di Indonesia dan di seluruh dunia. Pada 2014, Ditjen Dikti mengakui bahwa Jurusan Farmasi adalah jurusan di perguruan tinggi dengan peminat terbanyak ke-5 di Indonesia. Bahkan kini Jurusan Farmasi masuk dalam 10 jurusan kuliah yang paling sulit dimasuki.

Baca juga: Selamat, UNY Resmi Ditetapkan Presiden Jokowi Menjadi PTN-BH

4. Jurusan Teknik

Untuk kamu yang tertarik untuk masuk jurusan ini harus kuat-kuat, ya! Sebab, kamu harus belajar ekstra demi memahami materi-materi Fisika, Kalkulus, Statistik, Biologi, hingga Geologi. Konon, sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi di jurusan ini. Tidak aneh jika mahasiswa Jurusan Teknik dikatakan memiliki nilai lebih rendah dari mahasiswa di jurusan lain.

Saking sulitnya, Jurusan Teknik bahkan sampai disebut sebagai ‘jurusan neraka’ oleh National Center for Education Statistics. Semua cabang dari ilmu Teknik ini dianggap tidak mudah. Mulai dari Teknik Kimia, Teknik Elektro, dan yang menjadi bintang utama dalam pembahasan kali ini, yaitu Jurusan Teknik Sipil.

Di Institut Teknologi Bandung (ITB), peminat calon mahasiswa jalur SBMPTN 2021 untuk Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)-Kampus Ganesa adalah salah satu yang tertinggi yakni mencapai 1.235 peminat. Laman LTMPT tertulis, untuk daya tampung untuk 2022nya hanya tersedia 117.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)