5 Jurusan Terbaik di Universitas Islam Madinah, Nomor 3 Harus Hafal 30 Juz Al-Qur'an

Senin, 31 Oktober 2022 - 17:48 WIB
loading...
A A A
Cukup banyak pengajar ternama yang mengisi kuliah di jurusan ini, salah satunya syeikh Ibrahim Ar-Ruhaily dulu pernah menjadi dosen fakultas Aqidah Universitas Islam Madinah, sekarang beliau fokus menjadi pengajar tetap Masjid Nabawi.

3. Program Studi Al Quran dan Studi Islam

Program studi ini dikenal sebagai yang paling ketat dalam seleksi masuknya. Sehingga tidak bisa orang sembarangan untuk masuk ke dalamnya.

Syarat utama masuk adalah menghafal 30 juz Al Quran. Pembelajaranya di prodi ini salah satunya seperti mempelajari qiroah.

Baca juga : Inilah 10 Universitas Islam Favorit di Dunia

4. Program Studi Hadits dan Studi Islam

Selain mempelajari beberapa mata kuliah hadits seperti Hadist, Mustholah, Ruwatul hadits, Jarh wat ta’dil, Makanan Sunnah, Kutubusuunnah, hingga Takhrij.

Terdapat juga pelajaran pendamping lain seperti Aqidah, Nahwu, Tafsir atau Tahfidzul Qur’an. Mahasiswa fakultas Hadist juga dituntut untuk memiliki hafalan hadist yang banyak dan kuat

5. Program Sudi Lughoh

Lughoh ini diperuntukkan untuk mereka yang ingin takhkossus alias memperdalam kemampuan bahasa arab mereka. Fakultas ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena bahasa arab dinilai aspek yang cukup kuat bagi seseorang untuk bisa memahami Agama ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)