Diapresiasi Wali Kota Oxford, Mahasiswa Indonesia Tampilkan Tari Aceh di Inggris

Selasa, 29 November 2022 - 03:57 WIB
loading...
A A A
Camilo Soler Caicedo, warga London juga mengatakan hal serupa, “Saya sangat terkesima dengan Indonesia melalui tari Aceh itu. Sangat berbeda dari tari-tari lain yang sering ditampilkan di sini.” Ujarnya.

Desra Percaya Duta Besar Indonesia untuk Inggris dan Irlandia yang turut menyaksikan Rateub Meusakat juga mengatakan sangat menyukai penampilan tim Jamboe Aceh.

“Diaspora Indonesia yang menampilkan Tari Aceh di Inggris itu membuktikan bahwa diaspora memberi kontribusi untuk negeri dengan mengenalkan seni dan budaya kita di mancanegara,” ujarnya.

Nama tari Rateb Meuseukat diadopsi dari bahasa Arab yaitu “rateb” yang berarti zikir sedangkan “Meuseukat” yang bermakna sakat atau diam. Tujuan tari ini mulanya untuk mensyiarkan Islam, sama seperti tarian Aceh pada umumnya.

Dilihat dari daerah asalnya, Rateb Meusekat berbeda dengan Tari Saman yang berasal dari dataran tinggi Gayo. Di daerah asalnya, Tari Saman ditampilkan dengan syair berbahasa Gayo, sedangkan syair dalam Rateb Meusekat dinyanyikan dalam Bahasa Aceh. Jika di daerah asalnya Tari Saman ditampilkan oleh penari laki-laki, Rateb Meusekat ditampilkan penari perempuan.

Tari Rateb Meusekat terdiri dari tiga bagian. Pertama adalah Saleum (salam), lalu Kisah yang bercerita tentang Nabi atau syuhada Islam yang telah gugur di masa lalu. Terakhir adalah Lanie (penutup) yang berisi petuah.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)