Calon Mahasiswa Perlu Tahu, Ini Perbedaan Skripsi, Tesis, dan Disertasi

Rabu, 30 November 2022 - 16:52 WIB
loading...
A A A
2. Tesis

Tesis merupakan pengajuan suatu proposisi teoritis (tesa) yang harus dibuktikan lewat penelitian ilmiah, yang tidak hanya sekadar deskripsi, namun berada pada taraf theory testing. Tesis harus dikerjakan apabila mahasiswa tingkat magister ingin mendapat gelar.

Permasalahan yang diangkat dalam tesis merupakan permasalahan yang bersifat mendalam dan teoritis, juga harus berasal dari pengalaman yang nyata dan empirik. Tesis diharapkan dapat menjadi temuan baru.

Tesis ditulis dengan gaya objektif dan dengan bahasa yang impersonal, pasif, dan tanpa kata ganti orang pertama dan kedua. Berbeda dengan skripsi, tesis dikerjakan dengan minim bimbingan dari dosen.

3. Disertasi

Disertasi merupakan karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan penemuan baru yang bisa dijadikan sebagai kajian untuk ilmu pengetahuan. Disertasi bisa dibilang sebagai lanjutan dari tesis. Pengerjaan disertasi pun dinilai jauh lebih sulit dibanding skripsi dan tesis.

Dalam mengerjakan disertasi, mahasiswa program doktoral harus benar-benar melakukan penelitian secara mandiri, karena permasalahan yang diangkat harus digali dengan sangat mendalam dan spesifik.

(MG/Sekar Rahmadiana Ihsan)
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3771 seconds (0.1#10.140)