Jokowi Ungkap 3 Komponen Penting untuk Cetak SDM Unggul

Sabtu, 03 Desember 2022 - 14:13 WIB
loading...
A A A
"Jangan dilupakan masalah ini karena tidak ada gunanya berilmu tidak ada gunanya memiliki keterampilan yang tinggi kalau mentalnya tidak sehat, fisik ya tidak sehat percuma. Hati-hati mengenai ini ini sudah lama kita lupakan," kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Tidak Ada Gunanya Berilmu kalau Mental dan Fisiknya Tidak Sehat

Menurut Jokowi, penguasaan ilmu yang hebat juga akan menjadi sia-sia jika anak didik tidak sehat jiwa dan raganya.
Sebab, sakit fisik maupun sakit mental adalah pengali nol dari prestasi akademik.

"Pintarnya kayak apa kalau semuanya nilainya, nilai pelajarannya katakanlah 10 tapi kalau sakit-sakitan nilai akhirnya ya 10 kali nol sama dengan nol sepintar apapun anak didik kita. Kalau indeks prestasi 4 misalnya tapi sakit mental ataupun sakit fisik indeks prestasinya 4 kali nol sama dengan nol lagi. Jadi hati-hati masalah yang berkaitan dengan masalah kesehatan mental dan kesehatan fisik," kata Jokowi.

Maka dari itu, Jokowi berharap ketiga komponen tersebut dapat dipersiapkan oleh guru dan tenaga pendidikan untuk mencetak SDM yang unggul.

"Saya ingin mengingatkan kepada kita semuanya tugas kita adalah mencetak SDM yang unggul, yang unggul prestasinya akademiknya, yang unggul keterampilannya tetap juga yang unggul karakter sosial dan kebangsaannya dan unggul pula kesehatan raganya harus komplet. Ini tugas berat bapak ibu semuanya," pungkasnya.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)