Nabila Jandini, Siswi SMP Juara Debat Internasional 2022 di Yale University Amerika Serikat

Selasa, 06 Desember 2022 - 14:13 WIB
loading...
A A A
“Saat lomba debat Nabila harus memberikan argumentasinya dalam waktu tiga menit tidak boleh lebih atau kurang. Dia bisa memenuhi itu,” ujar Dwi Novita.

Kemampuan berbicara bahasa Inggris Nabila sudah muncul sejak duduk di kelas satu SD. Saat itu guru di sekolahnya yang merupakan warga negara Amerika Serikat terkejut dengan kemampuan Nabila berbicara dalam bahasa Inggris.

“Kemampuan bahasa Inggris Nabila seperti anak kelas enam menurut gurunya,” kata Mochamad Arief Hidajat, ayah Nabila.

Arief menjelaskan, kemampuan debat putrinya dalam bahasa Inggris itu bukan tiba-tiba muncul. Prestasi juara debat internasional itu diraih dengan proses panjang serta latihan keras.

Kemampuan berbicara di depan publik itu mulai terasah seiring Nabila aktif mengikuti kegiatan ekstra kurikuler debat dalam bahasa Inggris di sekolahnya sejak 2019. Hasil gemblengan ikut ekstra kurikuler debat dalam bahasa Inggris ini membuat kemampuan Nabila berbicara semakin terasah. Ditambah hobi baca buku sejak kecil membuat pola pikir Nabila lebih dewasa dari teman-teman seusianya.

Kemampuan Nabila ini membuat kedua orangtuanya mengarahkan ia untuk ikut ajang debat Internasional mulai fase regional hingga internasional di berbagai negara.

Bagi Nabila ajang debat internasional ini sebagai hadiah dari orang tua atas kesungguhan belajar di sekolah sehingga mengetahui batas kemampuannya.

“Ini jadi tantangan sekaligus hadiah orang tua yang melihat anak sudah belajar sungguh-sungguh. Biar dia tidak jenuh juga,” tambah Arief yang mendukung penuh aktivitas Nabila mengikuti berbagai lomba debat di luar negeri.

Nabila memiliki kebiasaan unik dibanding anak-anak sebayanya. Kebiasaan unik itu untuk memenuhi hobi baca buku yang begitu tinggi. Siswi SMP kelahiran 21 Januari 2008 ini banyak menghabiskan uang bukan untuk nongkrong di mall atau tempat-tempat hang out lainnya.

Nabila sejak kecil lebih suka menghabiskan uang jajannya untuk membeli buku-buku dan pergi ke perpustakaan. Buku-buku dan perpustakaan, memang, bagi Nabila sangat berguna untuk memperkaya wawasan dan sumber data yang ia butuhkan dalam setiap lomba debat yang ia ikuti, yang membawa Nabila jadi juara lomba debat internasional pada bulan November 2022 ini di Yale University, Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)