Era Disrupsi, 1.700 Dosen Pemula Program Kemenag-LPDP Ikuti Peningkatan Kompetensi

Selasa, 20 Desember 2022 - 16:51 WIB
loading...
A A A
Selama 62 hari para peserta akan diberikan materi-materi pelatihan, yang terdiri dari Perencanaan Pembelajaran, Model-Model Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Prosedur dan Teknik Penyusunan Artikel Ilmiah, Dasar-Dasar Komunikasi Pembelajaran, Media Pembelajaran Era 4.0, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya dan penguatan moderasi beragama.

Guru Besar UIN Raden Fatah Palembang ini berharap agar para dosen pemula ini semakin profesional, mahir dan terampil dalam mengimplementasikan tugas-tugas akademik, tugas paedagogik, menulis karya ilmiah dan menjadi pribadi yang kuat kebangsaan dan moderasi beragamanya.

Sementara itu Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) mengatakan tujuan dari Pelatihan PKDP adalah untuk menyiapkan dosen yang kompeten dalam bidang akademik, terampil dalam mengembangkan karier jabatan fungsional, serta moderat dalam perspektif keagamaan.

Pelatihan PKDP diikuti oleh 1.700 orang, terbagi dalam 43 angkatan yang berasal dari PTKIN dan PTKIS, serta perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Katolik, Hindu, dan Buddha baik negeri maupun swasta.

Menurut Syafi’i, Pelatihan PKDP berlangsung secara blanded system, yaitu 5 hari secara offline dan 57 hari secara online yang keseluruhannya meliputi 200 jam pelatihan.

Tempat pelaksanaan berada di 15 Provinsi tersebar di 17 Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP): UIN Ar-Raniry Aceh, UIN Sumatera Utara, UIN Riau, UIN Padang, UIN Jambi, UIN Palembang, UIN Lampung, UIN Jakarta, UIN Bandung, UIN Purwokerto, UIN Yogyakarta, UIN Semarang, UIN Malang, UIN Surabaya, UIN Mataram, UIN Banjarmasin dan UIN Makassar.

Hadir dalam kegiatan pembukaan, Kepala Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Dr. Mastuki, M.A, Rektor PTP PKDP (PTKIN), Kasubdit Ketenagaan Direktorat Diktis Ruchman Basori, Kepala Bidang Penyelenggaraan pada Pusdiklat Tenaga Pendidikan dan Keagamaan Efa Ainul Falah dan Tim PKDP Ditjen Pendidikan Islam.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)