IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun 2022, Apresiasi Atas Kontribusi Para Alumni

Jum'at, 23 Desember 2022 - 10:48 WIB
loading...
A A A
“Setelah itu acara pemberian penghargaan dan banyak penampilan para seniman yang tumbuh dan berkembang di Kampus Pembaharu ini. Ada Ahsan Jamet Hamidi, Iwan Bule, Mucle, Bambang Prihadi. Teater Sahid, HIQMA, PSM, English Beatles Fans Club, The Red Molotov, dll,” kata Iwan.

Ketua Umum IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tb. Ace Hasan Syadzily menyatakan, IKALUIN Award merupakan sebuah apresiasi kepada para alumni ADIA-IAIN-UIN yang sudah tersebar di berbagai wilayah dengan bermacam peran mereka di masyarakat.

”Ini memang acara apresiasi pertama oleh IKALUIN. Penyelenggaraan acara ini menjadi salah satu cara kami memberikan apresiasi atas kontribusi para alumni terhadap kemajuan umat, kemajuan bangsa,” ucapnya.

Ace memastikan, sebenarnya banyak alumni UIN Jakarta yang sudah berkiprah besar di tengah-tengah masyarakat. Namun, karena keterbatasan ruang sehingga kali ini baru tujuh kategori plus satu itu.

”Kita harapkan ini akan memotivasi para alumni untuk lebih menunjukkan peran dan sumbangsihnya kepada masyarakat di bidang masing-masing,” ujarnya.

Ace menyatakan pentingnya penghargaan kepada orang-orang yang banyak memberi manfaat kepada masyarakat luas. ”Kebetulan karena mereka, para awerdee itu, adalah para alumni UIN Jakarta, jadi anggaplah sebagai sumbangsih Ciputat untuk Indonesia,” katanya.

Ada semangat yang hendak ditunjukkan dengan acara IKALUIN Award dan Refleksi Akhir Tahun 2022, yaitu semangat mempromosikan Islam yang kosmopolit, moderat, dan adaptif. Demikianlah Islam yang dicirikan oleh kampus yang berlokasi di Ciputat, Tangerang Selatan, tapi tetap disebut UIN Jakarta ini.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bermula dari Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) yang didirikan di Jakarta pada 1 Juni 1957. Pada 1960 ada penggabungan PTAIN Yogyakarta dengan ADIA Jakarta menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Pada 1963 IAIN Yogyakarta disebut IAIN Sunan Kalijaga dan IAIN Jakarta disebut IAIN Syarif Hidayatullah.

Dalam waktu kira-kira satu dasawarsa sejak kelahiran IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta di dunia pendidikan tinggi di Indonesia, masyarakat luas mulai mengenal ide-ide segar dalam kajian keislaman yang dikembangkan oleh IAIN Jakarta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3449 seconds (0.1#10.140)