10 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Hewan Terbaik di Indonesia, Terakreditasi A

Senin, 02 Januari 2023 - 12:27 WIB
loading...
A A A
a. Pencegahan, pengendalian, pemberantasan dan pengobatan penyakit menular pada hewan dan penyakit zoonosa
b. Pemeliharaan dan budidaya hewan serta peningkatan produksi dan reproduksi ternak.
c. Pelestarian dan pemanfaatan satwa untuk kesejahteraan manusia, kelestarian lingkungan dan plasma nutfah.
d. Jaminan mutu dan keamanan bahan pangan asal hewan serta bahan-bahan asal hewan
e. Peningkatan mutu gizi pertumbuhan hewani, kesehatan masyarakat dan kesehatan lingkungan f. Pengawasan dan pengendalian mutu, pemakaian dan peredaran obat hewan dan bahan-bahan biologis.

5. Universitas Udayana (Unud)

Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Udayana telah dirintis sejak 1962 dalam wujud Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP). Sejak 1962 sampai 1978, Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana baru mampu membina bidang Ilmu Peternakan saja. Pada tahun 1978 terbentuk Jurusan Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan Universitas Udayana.

Proses pendidikannya melalui jenjang pendidikan akademik dengan masa studi delapan semester (beban SKS total 152 dengan gelar kelulusan S.KH) dan jenjang pendidikan profesi (ko-asistensi) selama 12 hingga 15 bulan (beban SKS 31 dengan gelar kelulusan drh). Kedua jenjang pendidikan tersebut merupakan rangkaian yang tidak dapat dipisahkan, karena hasil akhir atau output pendidikannya adalah dokter hewan.

6. Universitas Indonesia

Siapa yang tidak mau kuliah di Universitas Indonesia.Minatnya yang ingin kuliah di Universitas Indonesia membuat jurusan kedokteran hewan juga diminati. Apalagi, Fakultas kedokteran Universitas Indonesia atau biasa dikenal dengan FKUI merupakan jurusan kedokteran pertama dan tertua.

Dengan nilai sejarah yang ada, tak heran kalau sekolah kedokteran satu ini selalu ramai peminat meski seleksi masuknya sangat butuh perjuangan. FKUI sendiri mendapatkan peringkat 251-300 di QS WUR by Subject 2021.

7. Universitas Diponegoro

Jurusan Kedokteran di Universitas Diponegoro ini sudah terakreditasi A. Daya tampung jurusan Kedokteran Undip pada tahun 2019 hanya tersedia 230 orang saja. Sedangkan, peminat dari jurusan ini mencapai 4000 orang. Di kampus ini, jurusan Kedokteran menjadi jurusan yang menorehkan banyak prestasi tingkat internasional.

8. Universitas Hasanuddin
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7212 seconds (0.1#10.140)