Seleksi Mahasiswa Baru 2023, SNBP Jadi Jalur Pertama Masuk UIN Jakarta

Rabu, 11 Januari 2023 - 18:08 WIB
loading...
A A A
Untuk siswa yang berminat mengikuti seleksi di jalur ini, ia harus tercatat sebagai siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (XII) tahun 2023 dengan prestasi unggul, memiliki NISN, dan terdaftar di PDSS. Siswa pendaftar juga memiliki nilai rapor semester 1-5 yang diisikan di PDSS.

Pendaftar juga berlatar jurusan IPA, IPS atau Bahasa. Ia bisa memilih dua program studi pada satu atau dua PTN. Ketentuannya, jika memilih dua program studi, salah satunya harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan sekolah asalnya. Namun jika memilih satu program studi, ia bisa memilih PTN di provinsi mana pun.

Tawarkan 26 Program Studi

Lebih jauh, Feni menambahkan, UIN Jakarta menawarkan 26 program studi di jalur SNBP. Ke-26 program studi ini masih sama dengan prodi yang ditawarkan di era Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). “Masih sama seperti di SNMPTN,” imbuhnya.

Ke-26 program studi yang ditawarkan terbagi ke dalam kelompok Sains dan Teknologi (Saintek) dan kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum). Rinciannya, 14 program studi masuk kelompok Saintek dan 12 program studi lainnya masuk kelompok Soshum.

Ke-14 program studi kelompok Saintek antara lain Agribisnis, Teknik Informatika, Sistem Informatika, Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Kesehatan Masyarakat, Farmasi, Ilmu Keperawatan. Lalu, Pendidikan Dokter, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, dan Teknik Pertambangan.

Sedang ke-12 program studi kelompok Soshum adalah Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, Ilmu Perpustakaan, Ilmu Manajemen, Ilmu Politik. Lalu, Kesejahteraan Sosial, Psikologi, Sosiologi, dan Bahasa dan Sastra Inggris.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)