UI Klaim Proses Pilrek Sudah Transparan

Kamis, 06 November 2014 - 23:24 WIB
UI Klaim Proses Pilrek Sudah Transparan
UI Klaim Proses Pilrek Sudah Transparan
A A A
DEPOK - Universitas Indonesia (UI) menjawab tuntutan mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI soal transparansi proses Pemilihan Rektor (Pilrek).

Proses pilrek semula menjaring 25 bakal calon dengan digawangi oleh Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor (P3CR) yang diketuai oleh Prof dr Prijono Tjiptoherijanto.

Semula P3CR dibantu oleh Lembaga Profesional mendapatkan tujuh orang calon rektor tersaring yang kini namanya sudah diserahkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA). Tugas P3CR pun kini sudah selesai.

"Kan sudah ada wakil mahasiswa di dalam Majelis Wali Amanat (MWA) dan ikut mengawal proses ini mereka kan bisa bertanya. Kalau kami sudah lepas tugasnya sudah memberikan surat nama-nama ke MWA, prosesnya kan sudah transparan ada wawancara dan proses lainnya," tegas Prijono di Depok, Kamis (6/11/2014).

Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko memahami tuntutan mahasiswa yang terus mengawal proses pilrek. Namun memang dalam sistem penilaian dari 25 balon menjadi tujuh calon dalam hal skor nilai tidak diumumkan.

"Mungkin mahasiswa ingin tahu, kriterianya dan penilaiannya. Kan mereka ada satu wakil dari unsur mahasiswa di MWA," tegasnya.

Farida menegaskan, prosedur pilrek sudah dilakukan secara jelas seperti berkas administrasi, wawancara, cyber campaign, tanggapan
masyarakat dan tes psikologi. Sehingga peran P3CR, lanjutnya, memang sudah selesai.

"MWA tetapkan dari tujuh menjadi tiga nanti. Itupun sudah melalui serangkaian penilaian. Nanti saat sudah menjadi tiga akan ada debat
publik atau debat terbuka," tutup Farida.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6585 seconds (0.1#10.140)