Tim Mahasiswa ITB Rancang Prototipe Biosensor sebagai Pendeteksi Penyakit Malaria

Sabtu, 25 Maret 2023 - 05:45 WIB
“Beberapa penelitian yang menggunakan biosensor ada yang sudah melakukan uji dan hasilnya 100%. Jadi kami yakin jika desain kami dikembangkan lebih lanjut juga akan menghasilkan yang sama,” katanya, dikutip dari laman ITB, Sabtu (25/3/2023).

Latar belakang di balik pemilihan topik juga berasal dari tugas besar Yudha. Sebelumnya Yudha sempat membuat biosensor di salah mata kuliah dan dikembangkan untuk lomba.

Dzul yang mengambil Kelompok Keahlian Biokimia juga tidak terlalu asing dengan biosensor sehingga kolaborasi antar tim pun terjalin optimal.

Baca juga: Michael Sianipar Ajak Pemuda Berpartisipasi Aktif dalam Pemilu 2024



Proses riset yang dilakukan Tim Mahabidzul tidaklah mudah. Dua setengah bulan lamanya mereka berprogres. Namun, Dzul mengungkapkan bahwa dia dan tim tidak mengalami kesulitan dalam pembagian tugas.

Setiap individu sudah mengetahui yang harus dilakukan sehingga pengerjaan mengalir begitu saja.

Kesulitan yang mereka alami hanya di waktu. Ketiganya memiliki kesibukan masing-masing di samping mempersiapkan lomba. Dzul menyampaikan kesulitannya mengikuti lomba di tengah tanggung jawab Tugas Akhir yang harus dijalani.

“Bulan April, aku sudah ditunggu dosbing buat seminar hasil,” ungkap Dzul

Semangat berkarya menjadi penguat Dzul dan tim untuk membanggakan nama ITB. Prototipe yang dibuat di hari-hari terakhir sebelum final juga menjadi sebuah kebanggaan buat mereka.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More