Pencopotan Dekan FK Unair, Kemendikbudristek Ingatkan Unair Junjung Kebebasan Akademik

Sabtu, 06 Juli 2024 - 11:41 WIB
"Assalamualaikum wr wb, Bpk ibu Dosen FK. Unair, per hari ini sy diberhentikan sebagai Dekan FK. Unair, sy menerima dengan lapang dada dan ikhlas, Mhn maaf selama sy memimpin FK. Unair ada salah dan khilaf, mari terus kita perjuangkan FK. Unair tercinta untuk terus maju dan berkembang, Aamiin3x , salam hormat untuk guru, senior dan sejawat semuanya," ungkap Prof Bus, sapaan akrab Prof Budi Santoso.

Belum jelas alasan dibalik pencopotan Prof Bus tersebut. Namun diduga kuat hal itu berkaitan dengan pernyataan Prof Bus selama ini yang menolak rencana kebijakan masuknya dokter asing ke Indonesia.

Kepala Humas Unair, dr. Martha Kurnia Kusumawardani , SpKFR(K) membenarkan berita pemberhentian Prof Bus tersebut.

"Selamat malam rekan-rekan media. Terkait beredarnya pemberitaan tentang pemberhentian Dekan FK Unair di beberapa media sosial, dengan ini kami humas Universitas Airlangga menyatakan bahwa pemberitaan tersebut benar adanya," ungkap Martha.

Menurutnya, alasan atau pertimbangan pimpinan Universitas Airlangga terkait pemberhentian ini adalah merupakan kebijakan internal untuk menerapkan tata kelola yang lebih baik guna penguatan kelembagaan khususnya di lingkungan FK Unair.

Pencopotan Prof Budi Santoso sebagai Dekan FK Unair langsung memunculkan solidaritas dari keluarga besar FK Unair yang menggelar aksi damai, Kamis (4/7/2024).

Aksi damai di kampus A Unair Jalan Darmawangsa ini diikuti para guru besar, sejawat dokter, pengajar, alumni, hingga mahasiswa aktif FK Unair. Mereka mengenakan jas putih dan membentangkan spanduk penolakan atas pemecatan Prof Bus.

"Turut berduka cita atas matinya keadilan sistem kesehatan Indonesia. Kembalikan sistem kesehatan dari rakyat Indonesia untuk rakyat Indonesia. #standwithProfBUS," demikian bunyi tulisan di spanduk dari Orthopaedi dan Traumatologi.
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More